Mengatur Penggunaan Internet pada Anak

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 08 Oktober 2021 - 19:15 WIB

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)
Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Sejak pandemi masyarakat harus beradaptasi dan terjadi kebiasaan yang berubah termasuk aktivitas dalam menggunakan internet menjadi tinggi. Tak hanya orang dewasa, anak yang dulu hampir belum tersentuh gawai sekarang harus mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari rumah. 

Internet sudah menjadi kebutuhan yang tidak terhindarkan bagi semua orang. Sehingga orangtua pun tidak bisa melarang anak menggunakan internet. Namun orangtua bisa memberikan pemahaman kepada anak supaya menggunakannya secara positif. 

"Caranya dengan mendiskusikan dan berkomunikasi bersama anak sebelum memasuki ruang digital," kata Fibra Trias, Editor in Chief Mommies Daily saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dia mengatakan untuk menghindari segala macam dampak negatif, orangtua perlu memberikan pemahaman kepada anak agar menggunakan internet secara positif. Orangtua perlu mendiskusikan dan berkomunikasi bersama anak seperti mengatur kesepakatan aturan bermain internet, lalu menjelaskan mengenai keamanan dan privasi dalam bermedia sosial.

“Orangtua perlu memahamkan anak mengenai digital citizenship agar anak berperilaku baik sebagai warga digital,” tuturnya.

Jangan sampai anak menjadi pelaku maupun korban dari cyberbullying di internet seperti perilaku mengomentari sesuatu dengan menghina, meremehkan, melecehkan, merendahkan dan menghujat, karena itu dampak yang paling rawan dialami anak. 

"Selanjutnya banyak berkomuniksi dengan anak juga bisa mencegah bahaya negatif internet seperti pornografi dan radikalisme, pelecehan seksual atau online grooming, dan kecanduan game," jelasnya.

Webinar Literasi Digital di Kota Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Monica Eveline, Digital Strategist Diana Bakery, Iman Darmawan, Fasilitator Public Speaking dan Dessy Natalia, Asst. Lecturer & Industrial Placement Staff UBM. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pekerja Migran Indonesia (foto Ist)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:21 WIB

Sedih! Muhaimin Iskandar: 3-4 Juta Pekerja Migran Indonesia Belum Jadi Peserta BP Jamsostek

Jakarta- Warga kita yang berada di luar negeri seperti Hongkong, Taiwan, Malaysia, Arab Saudi, dan lain-lain, yang tentu membutuhkan perhatian serius dan belum menjadi peserta BP Jamsostek.…

Presiden Jokowi di Ukraina

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:21 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Kyiv Ukraina

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 11 jam, Kereta Luar Biasa (KLB) yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina sekitar pukul 08.50…

Jajaran Komisaris dan Direksi BEI yang hadir pada RUPST BEI 2022. (Foto: Humas BEI)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:14 WIB

Iman Rachman Resmi Jadi Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Hingga 2026

Para pemegang saham PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2021 telah menyetujui pengangkatan Iman Rachman sebagai Direktur Utama BEI…

Suasana Pengisian BBM (Pertamina)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:01 WIB

Pembelian Pertalite Melalui Aplikasi MyPertamina Jangan Sampai Menyulitkan Rakyat Kecil di Daerah

Mulai 1 Juli 2022, pembeli BBM jenis Pertalite dan Solar subsidi harus mendaftar ke website MyPertamina atau aplikasi MyPertamina. Dengan begitu, hanya konsumen terdaftar saja yang bisa membeli…

Ilustrasi SPBU Coco

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:59 WIB

Soal Beli Solar dan Pertalite Pakai Aplikasi! DPR: Penggunaan MyPertamina untuk Hindari Kebocoran Subsidi

Jakarta-Rencana penggunaan aplikasi MyPertamina untuk mengakses solar dan Pertalite bagi masyarakat ditujukan untuk menutup kebocoran subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang selama ini dianggarkan.…