Selama Pandemi UMKM Bisa Memanfaatkan Digital Marketing dan Marketplace

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 08 Oktober 2021 - 19:00 WIB

Ilustrasi Marketplace (Ist)
Ilustrasi Marketplace (Ist)

INDUSTRY.co.id - Transformasi digital mengalami percepatan selama pandemi Covid-19 berlangsung hampir dua tahun. Masyarakat akhirnya harus beradaptasi dengan perubahan di mana penggunaan internet sangat membantu kehidupan sehari-hari. Termasuk untuk para pemilik bisnis UMKM yang kini telah beralih memanfaatkan sumber daya online.

“Semenjak pandemi interaksi di ruang digital pun jauh lebih tinggi daripada interaksi di dunia nyata,” kata Cyntia Jasmine, Founder GIFU saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sebagai pelaku UMKM yang bergerak di bidang pembuatan souvenir pernikahan, dia pun merasa sangat bergantung pada aktivitas di ruang digital. Bukan hanya dalam mencari customer tapi juga mencari supplier, mencari karyawan atau recruitment, mencari social media agency untuk foto pruduct bantuin manage media sosial kita. Bahkan mencari influencer untuk membantu membesarkan brand.

“Bayangkan saja, dengan jaringan internet selama 60 detik sebanyak 26.000 aplikasi telah didownload, ada jutaan email terkurim, 694.000 video telah ditonton di TikTok, 350.000 tweet sudah diunggah, jutaan lagu didengarkan,” katanya.

Di ruang digital, unggahan setiap orang pun bisa langsung dilihat oleh ratusan hingga ribuan orang dan cepat sekali menyebarnya secara realtime. Sehingga rasanya seperti tidak ada batas, semua orang seperti punya panggung yang sama.

“Kalau tujuannya baik punya produk dan ingin terkenal maka ruang digital bagus bisa dimanfaatkan. Tapi kalau kita tidak punya tujuan, kadang kita jadi lupa, jadi over sharing,” jelasnya.

Webinar Literasi Digital di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Webinar kali ini juga mengundang narasumber seperti Henry V. Herlambang, CMO Kadobox, Reza Hidayat, CEO Oreima Films, dan Eko Ariesta, Founder & CEO Enterpro.id. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi pembasmian kebun ganja. (Fachrul Reza/NurPhoto via Getty Images)

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:58 WIB

Komisi III dan Komisi IX Akan Tindak Lanjuti Usulan Legalisasi Ganja Medis

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan telah melakukan komunikasi terkait dengan usulan soal legalisasi ganja untuk medis dengan pimpinan…

Peresmian Gedung Baru Bank BTN KCS Banda Aceh, Rabu (29/6).

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:42 WIB

Atasi Backlog dan Penuhi Kebutuhan Hunian Milenial, BTN Ekspansi ke Aceh

Banda Aceh - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) siap mendukung generasi milenial diberbagai daerah memiliki hunian yang layak, salah satunya di Provinsi Aceh.