Pentingnya Menerapkan Digital Skills bagi UMKM di Masa Pandemi

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 08 Oktober 2021 - 17:45 WIB

3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis demi Kemajuan Usaha
3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis demi Kemajuan Usaha

INDUSTRY.co.id - Perubahan kilat saat memasuki masa pandemi nyatanya lebih banyak menghadirkan pikiran negatif. Terutama saat kita dipaksa untuk melakukan karantina dan berdiam di rumah. Karena itu, muncul stress, rasa bosan, ketakutan, depresi dan sebagainya.

Namun, hal tersebut tidak seharusnya dibawa berlarut. Menurut Klemens Rahardja, Founder deri The Entrepreneurs Society, setiap orang memiliki dua cara pandang dari suatu peristiwa, negatif dan positif. 

“Kalau kita mau lihat hanya secara negatif, kita tidak akan pernah lihat sisi positifnya. Sebenarnya, masih banyak peluang-peluang ada selama pandemi,” tutur Klemens dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Perubahan ini akan mengubah cara kita bekerja, berinteraksi, dan bertransaksi. Tanpa disadari, pandemi dan kehidupan serba online ini turut membawa dampak positif. Di antaranya, peluang tanpa batas di mana seseorang bisa membangun bisnis dengan modal yang minim dan jangkauan yang lebih luas.

“UMKM pun kalau punya sedikit saja digital skills itu bisa melihat dunia baru dan peluang juga daya saing yang lebih luas. UMKM bahkan bisa berkembang jauh lebih besar daripada bisnis yang sudah punya nama,” ucapnya.

Klemens mengatakan, kita bisa mulai dengan belajar beradaptasi dengan perubahan yang ada. Di dunia bisnis yang berubah menjadi online, kita beradaptasi dengan mempelajari digital marketing. Karena peluang bisnis di era ini sangat besar seiring meningkatnya pengguna internet di Indonesia.

Sebagai cara untuk menarik pembeli, teknik marketing yang bisa digunakan ialah dengan menerapkan AIDA model. Keempat langkah ini perlu dilakukan untuk membuat orang mengetahui brand dan produk kita hingga membelinya.

Pertama, meningkatkan awareness agar orang-orang mengetahui brand dan produknya. Untuk meningkatkan awareness kita bisa memanfaatkan media sosial dan website. Kedua, setelah mengetahui kita bisa memanfaatkan tools-tools untuk membuat target ini tertarik.

Ketiga, membuat target merasa ingin membeli produk atau jasa kita. Dengan ini, kita harus berupaya meyakinkan pembeli dalam mengambil keputusan untuk membeli produk/jasa kita dengan memperlihatkan kelebihan, manfaat, dan sebagainya. Keempat, action yakni keadaan di mana target telah yakin untuk membeli produk kita.

"Hal terpenting ialah kita fokus membuat konten dengan semenarik mungkin. Tujuannya agar orang-orang mulai mengikuti di platform media sosial dan mengenal produk-produk yang disajikan sebelum akhirnya membeli produk tersebut," jelasnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Dee Rahma (Digital Marketing Strategist), Henry V. Herlambang (CMO Kadobox), Benny Daniawan (Dosen Sistem Informasi Universitas Buddhi Dharma), dan Made Nandhika (KOL).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…