Iklan Digital dinilai Lebih Efektif Menjangkau Pelanggan Baru

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 07 Oktober 2021 - 17:50 WIB

Ilustrasi Iklan Digital (Ist)
Ilustrasi Iklan Digital (Ist)

INDUSTRY.co.id - Transformasi digital telah terjadi dan mengalami percepatan selama pandemi Covid-19 berlangsung. Kini pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 202,4 juta, dengan pertumbuhan 27 juta selama setahun pandemi. Selain itu ada potensi yang datang dari media sosial, dengan jumlah pengguna aktifnya yang telah mencapai 170 juta dan rata-rata mereka menggunakan media sosial 3 jam 14 menit per hari. 

"Berbagai iklan digital menjadi cara baru yang lebih efektif menjangkau target pelanggan kita," kata Daniel Hermansyah CEO of Kopi Chuseyo saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Berbagai platform media sosial dapat digunakan sebagai sarana digital marketing, tanpa diduga TikTok ternyata bisa menghasilkan jumlah penonton lebih banyak dan TikTok bukan sekadar aplikasi joget saja tetapi bisa digunakan untuk branding sebuah bisnis. Sehingga pemilik bisnis bisa membuat video unik yang sekiranya akan viral tak ada salahnya dengan platform baru tersebut. 

Lebih jauh dia mengatakan dengan tujuan marketing sebuah bisnis harus mempelajari bagaimana brand bisa dikenal dulu oleh khalayak. Brand besar pastinya memiliki budget untuk beriklan, namun untuk bisnis skala pemula tentunya saat ini media sosial yang penggunanya sebagian besar milenial menjadi sarana yang mudah dan murah, serta akan langsung tepat sasaran. 

Saat sebuah bisnis sudah memasuki ruang lingkup digital, membuat upaya digital marketing di media sosial dan sudah memiliki toko di marketplace selanjutnya adalah merawat brand awareness. Saat pembeli ada ketertarikan dengan produk tentu saja harus ada admin di media sosial yang merespons. 

"Pesan yang masuk di direct massage harus cepat dibalas, begitu juga pesanan dan pertanyaan yang datang di toko marketplace. Jangan ragu mempekerjakan orang untuk mengurus hal tersebut agar bisnis cepat berkembang, namun jika belum bisa sebagai pemilik bisnis seseorang tentunya harus ekstra dalam melayani pelanggan baru," pungkasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Feggy Nurdiyansyah, Sosial Media Specialist InfoMULK, Dian Andriasari, Dosen Fakultas Hukum dan Kriminologi FH UNISBA, dan Ninik Rahayu, Tenaga Profesional Lemhamnas RI 2021.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…