3 Cara Memaksimalkan Penggunaan Internet di Masa Pandemi
Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 06 Oktober 2021 - 17:15 WIB

Ilustrasi Bijak Berinternet (Ist)
INDUSTRY.co.id - Memasuki masa transformasi digital dan industri 4.0 yang semakin cepat setelah pandemi, masyarakat dihadapkan pada perubahan besar. Dari sisi budaya, kebiasaan bekerja, belajar, bertransaksi yang semuanya membutuhkan internet. Internet telah menjadi bagian dari hidup yang tak terpisahkan apalagi sejak kegiatan hanya bisa dilakukan di rumah saja.
“Kita itu harus banget maksimalin dunia internet atau sosial media,” kata Manda Utoyo, seorang Digital Creator saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.
Dia mengatakan, internet dan media sosial memiliki manfaat yang luas sekali sehingga akan tergantung pada individunya. Lalu bagaimana memaksimalkan manfaat internet di masa pandemi? Lebih lanjut Manda pun memberi kiat-kiatnya, antara lain:
1.Memaksimalkan dan mengasah skill yang dimiliki saat ini. Misalnya di era digital ini content creator tengah naik daun. Setiap orang pun bisa mencobanya. Memulai mungkin sulit dan ada pertanyaan di dalam diri siapa yang nonton? Namun coba geluti dulu sehingga tahu bagaimana hasilnya.
2.Mengikuti perkembangan tren atau selalu up date. Kemudian coba untuk membuatnya menjadi konten, mungkin saja bisa mencoba keterampilan memasak menu yang sedanv tren dan ternyata enak lalu bisa laku dijual.
3.Mencari celah dan peluang, membuat diri ambil bagian. Semua orang mengalami hal yang hampir sama ketika pandemi datang. Segala sesuatu berubah, namun di dalamnya tetap ada peluang ketika bisa berpikir celah dan kebutuhan sekitar yang bisa menjadi nilai ekonomi.
“Sadar dan paham dulu kebutuhan orang di masa pandemi itu apa, sebenarnya tidak sulit mengetahuinya karena kita sendiri mengalaminya. Kita bahkan bisa menciptakan produk dan memasarkannya di internet,” pungkasnya.
Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat I merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Andry Hamida, Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Goretti Meiliani, Project and Planning Section Binus Group dan Aldi Nurcahya, seorang Dosen, Peneliti dan Social Worker.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.
Baca Juga
Diikuti Ribuan Partisipan, Flip Lanjutkan Kompetisi Wujudkan Hematmu
Rendahnya Pengeluaran pada 50% Perencanaan Media Menghambat ROI Maksimal…
Kolaborasi Vindes X Nippon Paint Ciptakan Lapangan Hebat untuk Warga…
Kolaborasi IDSurvey Dukung Pengadaan Air Bersih, Sanitasi Layak,…
Inti Megah Swara Luncurkan Deretan Nakamichi Professional Wireless…
Industri Hari Ini

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB
Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen
PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB
Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi
PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB
Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB
Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas
PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB
Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya
Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…
Komentar Berita