Terapkan Netiket Agar Berinteraksi di Ruang Digital Lebih Aman dan Nyaman

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 05 Oktober 2021 - 17:15 WIB

Ilustrasi Berinternet (ist)
Ilustrasi Berinternet (ist)

INDUSTRY.co.id - Interaksi di ruang digital banyak digunakan untuk berbagi dan mencari informasi, membeli barang, mencari hiburan, dan membaca konten.

"Pada intinya, interaksi di ruang digital itu ada pertukaran informasi. Kita memberikan informasi ke orang lain dan orang lain pun memberikan informasi kepada kita. Di sinilah bentuh interaksinya," jelas Vivi Andriyani, Marcomm & Promotion Specialist dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Algoritma media sosial bekerja untuk membantu dalam hal pencarian informasi. Namun, algoritma memiliki sisi negatif karena berperan sebagai penyaring di mana yang dimunculkan hanya yang sesuai dengan kesukaan atau pilihan kita. Ketika kita melihat konten sebuah informasi dari satu media, kemungkinan sumber yang nanti dimunculkan mengenai informasi lainnya dari media tersebut. Vivi mengatakan, hal tersebut mempengaruhi cara kita berpikir, kepercayaan diri kita, dan cara mengambil keputusan.

"Agar lebih aman dan nyaman saat berinteraksi di ruang digital. Kita harus menerapkan netiket," tutur Vivi.

Pertama, mengingat keberadaan orang lain di manapun. Karena kita tetap berinteraksi dengan manusia di ruang digital. Untuk itu, kita perlu menghindari penggunaan kata-kata kasar agar tidak menyakiti orang lain. Kedua, berhati-hati dengan informasi yang sifatnya pribadi agar tidak membahayakan diri sendiri.

Ketiga, menggunakan etika dan norma yang sama dengan kehidupan nyata, termasuk bahasa yang baik dan sopan. Keempat, hati-hati dengan akun yang tidak dikenal, terutama oknum yang membuat akun anonim untuk memanfaatkan kelemahan seseorang. Kelima, tidak menyebarkan informasi uang belum jelas sumbernya.

"Kemudian, hanya berbagi informasi yang penting dan bermanfaat bagi orang lain. Manfaatkanlah kebebasan kita untuk membagikan informasi yang bisa mengembangkan diri. Lalu, berpikir sebelum berkomentar atau berbagi informasi. Caranya dengan berpikir kritis, mencari informasi serupa dari sumber lain, dan menelusuri sumber informasi," jelasnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Sandy Natalia (Co-Founder of Beauty Cabin), Chika Amalia (Public Figure Branding & Partnership), Idayanti Sudiro (Certified Life and Wellness Coach), dan Louiss Regi Aude.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.