Tujuh Lagu Karya Ria Prawiro di Album Instrumental Smooth Jazz, Easy Listening & Sopisticated

Oleh : Herry Barus | Minggu, 03 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Ria Prawiro
Ria Prawiro

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Lama tidak terdengar Ria Prawiro, ternyata terus berkarya, sebagai bukti eksistensinya Ria menggelontorkan album Instrumental Smooth Jazz, Easy listening & Sopisticated.

Dalam  album  instrumental smooth Jazz ini, terdapat 7 (tujuh) lagu yang ditulis oleh Ria Prawiro, dengan  musik yang dimainkan Gihon Lohanda (gitar) dan Juan Mandagie (piano). Di jamin, saat mendengar album ini, mood Anda  bakal berubah  menjadi lebih santai dan menyenangkan.

“Kata banyak orang, album ini Chill….Bisa didengar kapanpun sambil mengerjakan apapun. Misalnya sambil membaca, sambil kerja di kantor, sambil nyetir mobil, atau sekedar menemani duduk santai menyeruput kopi,” ungkap Music Director album ini Gihon Lohanda.

Penulis lagu  sekaligus Produser Ria Prawiro menyadari, musik instrumental di Indonesia, belum bisa menjadi ladang bisnis yang cepat menangguk ‘cuan’. 

Namun, ketika merilis album ini, ia punya pertimbangan sendiri. “Kita berkarya tidak melulu harus melihat pasar. Kejujuran dalam berkreasi juga dapat menjadi rasa yang layak mendapat apresiasi dari diri sendiri,“ ungkapnya beropini.

“Secara umum album ini bisa menjadi sebuah harapan. Jika berhasil disukai pendengar, ini bakal menjadi sukacita dan kepuasan tersendiri bagi kami,” Ria menambahkan

Workshop  Bahasa Musik Alien

Album instrumental  berjudul “Kesatu”,  berisi 7 lagu  easy listening  lembut. Memuat re-make lagu karya Ria Prawiro yang pernah dipublikasikan. Antara lain :  “Kalau”  (1987),  “Oh Cinta”  (2010), “Kekasih Jiwa” (2010), “Kita”  (2017),  “You’re the One” (2000), “Abdimu” (2000), “Lewati Badai” (2010).

Gihon Lohanda yang bertugas rangkap sebagai gitaris,  pemain bass, vokalis juga bekerja untuk mixing dan mastering, mengaku proses pengerjaan album “Kesatu” terhitung  sangat cepat.

“Kami melakukan workshop dan menginap di villa Kinasih Bogor. Selama empat hari,  kami membuat  aransemen dan merekam sampai 11 lagu!” ucap Gihon yang sudah bekerja sama dengan Ria Prawiro sejak tahun 2011.

Belakangan, setelah rekaman selesai, Gihon  bisa merasakan, “Lagu yang digarap lewat workshop dan menginap dengan suasana sejuk pegunungan, hasilnya sama sekali berbeda, dibanding rekaman  hanya dalam studio biasa!” ungkap dosen Conservatory Music di Universitas Pelita Harapan ini.

Juan Mandagie, pianis muda yang berkolaborasi di album ini menyetujui pendapat Gihon.  Namun menurut Juan, harus diakui juga bahwa kesulitan dan tantangan yang dihadapi , juga  jauh berbeda.

 

“Apalagi, lagu yang mau diaransemen baru diberikan di tempat,  terus langsung disuruh  bikin aransemen  dalam waktu 30 menit.  Abis itu take 2 jam, preview rough mixing 15 menit. Waktu yang singkat bukan?” ujar Juan  dengan tertawa.

Karena itu Juan merasa, saat workshop berjalan, banyak moment berkesan  yang dilalui bersama Ria Prawiro.   Salah satunya, “Mama Iya  selalu menyediakan  menu makanan yang mengalir seharian,” katanya tertawa.

Di tengah  itu,  karena suasana kerja kreatif yang sangat hectic,  “Kami kadang mengandalkan bahasa alien dalam mentranslate melodi maupun ritmik,” ujar Juan.

Lagu Kita Hits Jadi Challenge di Instagram

Juan mengaku sangat puas dengan hasil yang terdengar dalam album “Kesatu”.  Ia menyebut album ini sebagai Chill and Sopisticated. 

“Saya paling suka dengan lagu berjudul  “Kekasih Jiwa”. Karena saya  ikutan nyanyi di situ,” ungkap Juan yang  sudah bekerja sama dengan Ria Prawiro sejak tahun 2017, salah satunya lewat “Tetap Cinta” yang dinyanyikan Mark Pattie.

Sementara Gihon menyukai lagu “Kalau”.  Dengan alasan, “Nuansa nusiknya seru, ada nuansa seperti musik Tibet. Jadi seperti world music, tapi juga ada jazz instrumental, easy listening,” kata Gihon yang bersama Archipelago Orchestra banyak membuat pagelaran di dalam maupun di luar negeri.

Untuk  lebih menggemakan kehadiran album  produksi  Kariza Production,  Juan dan Gihon  sepakat  membuat video challenge  dari lagu  “Kita” di Instagram.  Di mana mereka mengajak musisi muda untuk ikut memainkan lagu tersebut.

“Ternyata, banyak musisi muda berbakat yang ikut  sebagai peserta dan mengirim videonya pada kami.  Saya sangat senang lihatnya,” ungkap Ria Prawiro.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…