Masyarakat Bisa Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Promosi Kebudayaan Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 03 Oktober 2021 - 11:30 WIB

Batik Cirebon (Dok: Kemenparekraf)
Batik Cirebon (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Kebudayaan adalah keseluruhan aktivitas manusia termasuk pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat dan kebiasaan-kebiasaan lain. Indonesia memiliki warisan budaya yang perlu dilestarikan supaya tidak punah. Tak hanya budaya, keindahan alam dan kuliner Indonesia yang beragam menjadi kelebihan yang tidak dimiliki bangsa lain. 

“Promosi budaya Indonesia dilakukan agar penerus bangsa dapat berbagi cerita tentang keunikan yang hanya dan di daerah tempat tinggal, tradisi-tradisi yang hanya dilakukan pada hari tertentu,” sebut Shandy Susanto, Dosen Podomoro University saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Setiap orang bisa memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan budaya Indonesia. Semua itu bertujuan agar teman-teman yang berbeda pulau bahkan berbeda negara dapat mengetahui keberagaman budaya yang dimiliki setiap daerah di Indonesia. 

Terdapat begitu banyak warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO seperti pencak silat, perahu pinisi, tari Bali, angklung, noken, tari saman, wayang kulit, batik, keris, gamelan, lumpia, Candi Borobudur, dan Candi Prambanan. Ruang lingkup budaya pun sebenarnya begitu luas. Akan tetapi salah satu aspek yang berkaitan erat dengan kebudayaan adalah kearifan lokal.
 
Kearifan lokal pun disebut juga sebagai local genius yang berarti sejumlah ciri kebudayaan yang dimiliki oleh suatu masyarakat sebagai sebuah akibat dari pengalaman di masa lalu. Sementara menurut penulis Yunus Abidin, kearifan lokal dipahami sebagai budaya yang dimiliki oleh masyarakat tertentu. Budaya tersebut ditempatkan pada suatu lokasi tertentu.

“Kearifan lokal bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan dan menciptakan kedamaian pada suatu masyarakat yang meliputi beragam hal. Misalnya sistem nilai, kepercayaan, agama, ideologi, maupun etos kerja,” tutur Shandy. 

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Pipit Djatma, Fundraiser Consultant & Psychososial Actvist IBU Foundation, Cyntia Jasmine, Founder GIFU, dan Eko Ariesta, Founder & CEO Enterpro.id. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…