Yuk! Lestarikan dan Promosikan Budaya Indonesia Lewat Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 02 Oktober 2021 - 18:30 WIB

Batik Khas Tulungagung, Jawa Timur (Dok: Kemenparekraf)
Batik Khas Tulungagung, Jawa Timur (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Laporan HootSuit dan We Are Social mengungkapkan, jumlah pengguna internet Indonesia meningkat 15,5 persen atau sebanyak 27 juta dalam setahun sejak pandemi. Terjadi peningkatan akun media sosial baru dan jumlah perangkat digital. 

“Terkait dengan budaya, banyak hal tergerus dengan adanya teknologi ini,” kata Heru Budianto, Dosen Kaprodi Sistem Informatika Universitas Kuningan saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Misalnya dengan kemajuan teknologi serta keadaan pandemi, orang tidak bisa lagi berkomunikasi tatap muda dan bercengkraman dengan teman. Banyak permainan tradisional yang mulai hilang dan makin tipisnya penggunaan bahasa daerah masing-masing. Sebab banyak bahasa yang dipergunakan di media sosial dengan bahasa yang sudah dimodifikasi. Adanya internet budaya asing dari luar justru dengan cepat masuk, contohnya K-Pop, menonton drama hingga mengikuti budayanya.

“Sebenarnya kalau dimanfaatkan internet, budaya kita bisa lebih maju atau dari sisi permainan tradisional sudah banyak yang dibuat digitalisasi. Kemudian dari pegelaran seni bisa ditelusuri jejak digitalnya, YouTube kita bisa buat livestreaming pegelaran wayang,” katanya lagi.

Dia pun mengajak agar setiap orang lebih bijak dalam menggunakan teknologi yakni bisa dengan ikut melestarikan dan mempromosikan budaya Indonesia. Lebih lanjut dia mengatakan budaya memiliki peran dan fungsi yang sentral mendasar sebagai landasan utama tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Budaya merupakan jati diri, identitas, kekuatan, dan sebagai sumber segala informasi yang meneguhkan harkat, derajat dan martabat bangsa. Di era digital budaya bahkan menjadi inspirasi dalam meningkatkan ekonomi," jelasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Ragel Trisudarmo, Dosen Universitas Kuningan, Pipit Djatma, Fundraiser Consultant & Psychososial Actvist IBU Foundation, dan Moh. Ali Fikri, Pranata Komputer. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. foto: Tribratanews.polri.go.id

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:13 WIB

Bareskrim Polri Komitmen Tuntaskan Kasus Penipuan Investasi KSP Indosurya

Jakarta-Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…