Begini Cara Menciptakan Budaya yang Produktif dan Kreatif di Ruang Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 02 Oktober 2021 - 18:00 WIB

Ilustrasi Internet (Ist)
Ilustrasi Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Arus informasi sejak adanya internet begitu deras mengalir, tak semua di dalamnya merupakan hal positif. Setiap orang harus pintar memilah informasi apa yang akan dikonsumsi agar memberikan manfaat. 

Henry V. Herlambang, CMO Kadobox mengungkapkan setidaknya ada beberapa pilar pendukung untuk menciptakan budaya produktif dan kreatif di ruang digital. Antara lain memilah informasi dari akun positif saja di media sosial, termasuk mengikuti komunitas positif fan produktif. Kemudian bijak dalam berkomentar di media sosial dan ranah digital, serta ikut memberikan kontribusi karya.

“Cara membandingkan akun produktif dan negatif adalah melihat isinya. Kurang produktif cenderung menggiring opini, kubu-kubuan dan gosip. Akun produktif dan positif mengajarkan budaya yang baik dan mengajarkan edukasi,” katanya saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Selain itu kualitas akun-akun yang layak diikuti bisa tercermin dari komentar pengikut dan respons dari penulisnya. Komentar unggahan yang berbobot bahkan menambah nilai dan perspektif atau memberi opini alternatif. Pada akhirnya budaya berbagi hal-hal positif membuat orang di tatanan lingkungan tersebut mudah saling terkoneksi. 

“Uniknya budaya digital termasuk hal-hal yang dulu tak terpikir akan diminati atau bermanfaat,” jelasnya.

Dia pun mengajak agar selain mengonsumsi konten, setiap orang bisa membuat kontennya sendiri melalui media sosial. 

"Berbagai unggahan positif bahkan bisa menjadi personal branding yang membuat seseorang dilirik HRD, mendapat peluang dengan endorsmen, dan lebih mudah membina relasi di media sosial karena isi konten yang berkualitas," tukas Henry.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Maria Ivana, seorang Graphic Designer, Monica Eveline, Digital Strategic Diana Bakery dan Sophie Beatrix, seorang Psikolog Praktisi. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…