Hawaii Larang Wisatawan Berenang Bersama Lumba-Lumba Pemintal

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 02 Oktober 2021 - 11:30 WIB

Ilustrasi Lumba-Lumba (Ist)
Ilustrasi Lumba-Lumba (Ist)

INDUSTRY.co.id - Baru-baru ini anggota parlemen Amerika Serikat menyetujui larangan bagi melakukan aktivitas paling ikonik di Hawaii yaitu tidak boleh berenang bersama lumba-lumba peminta. 

Dilansir dari laman Lonely Planet, aturan baru melarang berenang dalam jarak 50 meter dari lumba-lumba pemintal di Hawaii dan mulai berlaku pada 28 Oktober. Kebijakan tersebut tidak hanya berlaku untuk perenang, tetapi juga berlaku untuk perahu, kano, paddleboard dan bahkan drone. 

Lumba-lumba pemintal adalah makhluk nokturnal dan menggunakan teluk dangkal untuk beristirahat di siang hari, yang membuat mereka dapat diakses oleh manusia dan target yang mudah bagi kelompok tur yang berusaha berinteraksi dengan mereka. 

Tetapi para ilmuwan memperingatkan bahwa interaksi ini memiliki efek negatif pada kesejahteraan lumba-lumba karena mereka mengganggu makhluk ketika mereka harus bersantai, merawat anak-anak mereka, dan pulih dari malam yang dihabiskan untuk mencari makan di lepas pantai.

"Lumba-lumba pemintal yang terganggu selama periode penting ini dapat terlibat dalam perilaku penghindaran atau kesusahan. Dan kurangnya periode istirahat yang konsisten dan tidak terganggu dapat mengurangi jumlah energi yang mereka miliki untuk berburu dan merawat anak-anak mereka," bunyi pernyataan dari National Marine Fisheries Service of the National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA Fisheries).

Dan meskipun lumba-lumba pemintal dapat "berenang menjauh" dari manusia dan kapal, hal itu mengganggu istirahat mereka. 

"Itu membuat mereka dalam keadaan waspada, dan memaksa mereka untuk mengeluarkan energi untuk meningkatkan kecepatan berenang mereka dan atau mengubah arah," jelas NOAA Fisheries.

Pertemuan manusia dan kapal yang berkepanjangan dapat memaksa lumba-lumba pemintal untuk mengubah habitat, yang dapat membuat mereka rentan terhadap predator.

Larangan itu tidak berlaku untuk orang atau kapal yang secara tidak sengaja datang dalam jarak 50 meter dari lumba-lumba pemintal Hawaii atau didekati oleh lumba-lumba pemintal. "Asalkan mereka tidak berusaha untuk melibatkan atau mengejar hewan dan mengambil langkah segera untuk menjauh darinya", tuturnya.

Setelah larangan itu, NOAA Fisheries berusaha untuk menutup daerah-daerah tertentu di Hawaii dari jam 06.00 pagi hingga 15.00 sore untuk lebih melindungi lumba-lumba pemintal selama waktu istirahat yang kritis. 

Daerah-daerah ini termasuk bagian dari Kealakekua, Hōnaunau, Kauhakō (Ho'okena), dan Makako Bays di Pulau Hawai'i, dan La Perouse Bay di Maui. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Direktur (Presdir) JNE, Mohamad Feriadi saat menerima plakat Ramadhan Bahagia oleh Bendahara Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) Ahmad Zuhdi

Jumat, 01 Juli 2022 - 22:54 WIB

Kunci Sukses PT JNE, Berbisnis Melibatkan Tuhan

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menjadi salah satu perusahaan logistik ternama di Tanah Air.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:52 WIB

Menkeu: Anggaran Perlinsos Naik Seiring Guncangan yang Dirasakan Masyarakat

Jakarta, Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anggaran perlindungan sosial (perlinsos) mengalami kenaikan seiring dengan guncangan yang dirasakan oleh masyarakat.

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:41 WIB

Tegas! Sri Mulyani: Kami Tak Akan Lagi Berikan Program Pengampunan Pajak!

Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022), menegaskan pihaknya tidak akan lagi memberikan program pengampunan pajak.

Ikan Gurame Asam Manis (Foto: Instagram: dcost.seafood)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:30 WIB

3 Rekomendasi Tempat Makan Seafood Nikmat, dijamin Bikin Ketagihan

Bagi kamu pecinta hidangan laut, ada satu rekomendasi restoran yang wajib kamu coba nih! Ya, namanya D'Cost, ini merupakan jaringan restoran seafood terbesar di Indonesia.

Direktur SDM dan Hukum PT ASABRI (Persero) Sri Ainin Muktirizka beserta jajaran menghadiri langsung Penanaman Pohon di Polda Kepulauan Riau

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:16 WIB

ASABRI Tanam Pohon di Sejumlah Kesatuan Kepolisian

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2022, PT ASABRI (Persero) melaksanakan Program Pelestarian Alam melalui Penanaman Pohon di sejumlah kesatuan Kepolisian.