Jadilah Warganet yang Menciptakan Budaya Produktif dan Kreatif di Ruang Digital
Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 01 Oktober 2021 - 18:45 WIB

Ilustrasi Netizen Bermain Sosial Media (Ist)
INDUSTRY.co.id - Arus informasi sejak adanya internet begitu deras mengalir, tak semua di dalamnya merupakan hal positif. Setiap orang harus pintar memilah informasi apa yang akan dikonsumsi agar memberikan manfaat.
Henry V. Herlambang, CMO Kadobox mengungkapkan setidaknya ada beberapa pilar pendukung untuk menciptakan budaya produktif dan kreatif di ruang digital. Antara lain memilah informasi dari akun positif saja di media sosial, termasuk mengikuti komunitas positif fan produktif. Kemudian bijak dalam berkomentar di media sosial dan ranah digital, serta ikut memberikan kontribusi karya.
“Cara membandingkan akun produktif dan negatif adalah melihat isinya. Kurang produktif cenderung menggiring opini, kubu-kubuan dan gosip. Akun produktif dan positif mengajarkan budaya yang baik dan mengajarkan edukasi,” katanya saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.
Selain itu kualitas akun-akun yang layak diikuti bisa tercermin dari komentar pengikut dan respons dari penulisnya. Komentar unggahan yang berbobot bahkan menambah nilai dan perspektif atau memberi opini alternatif. Pada akhirnya budaya berbagi hal-hal positif membuat orang di tatanan lingkungan tersebut mudah saling terkoneksi.
“Uniknya budaya digital termasuk hal-hal yang dulu tak terpikir akan diminati atau bermanfaat,” jelasnya.
Dia pun mengajak agar selain mengkonsumsi konten, setiap orang bisa membuat kontennya sendiri melalui media sosial. Berbagai unggahan positif bahkan bisa menjadi personal branding yang membuat seseorang dilirik HRD, mendapat peluang dengan endorsmen, dan lebih mudah membina relasi di media sosial karena isi konten yang berkualitas.
Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.
Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Maria Ivana, seorang Graphic Designer, Monica Eveline, Digital Strategic Diana Bakery dan Sophie Beatrix, seorang Psikolog Praktisi.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.
Baca Juga
Diikuti Ribuan Partisipan, Flip Lanjutkan Kompetisi Wujudkan Hematmu
Rendahnya Pengeluaran pada 50% Perencanaan Media Menghambat ROI Maksimal…
Kolaborasi Vindes X Nippon Paint Ciptakan Lapangan Hebat untuk Warga…
Kolaborasi IDSurvey Dukung Pengadaan Air Bersih, Sanitasi Layak,…
Inti Megah Swara Luncurkan Deretan Nakamichi Professional Wireless…
Industri Hari Ini

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB
Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi
PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB
Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB
Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas
PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB
Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya
Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:11 WIB
Fasilitasi Bisnis Industri Petrokimia, Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta
Pembiayaan yang diberikan oleh Bank OCBC NISP adalah bagian dari komitmen Bank untuk mendukung Chandra Asri agar dapat secara berkesinambungan mengembangkan bisnisnya.
Komentar Berita