Pentingnya Membatasi Waktu Screen Time untuk Cegah Anak Kecanduan Gadget

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 01 Oktober 2021 - 16:05 WIB

Ilustrasi anak sibuk main gadget.(Freepik)
Ilustrasi anak sibuk main gadget.(Freepik)

INDUSTRY.co.id - Percepatan transformasi digital memberikan tantangan kepada para orangtua untuk menjaga anak agar bisa memanfaatkan sisi positif internet dan menghindari dampak negatifnya. Mulai dari paparan konten negatif, penipuan daring, eksploitasi seksual pada anak, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital hingga kecanduan gadget.

“Sebagai orangtua kita tidak ingin anak hanyut di dunia digital. Tapi juga ingin anak aktif, bertanggung jawab dan memiliki sosial skills yang baik di masyarakat,” ujar Diena Haryana, Founder SEJIWA saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Pada bagian ini peran penting orang tua untuk membimbing anak di tengah pesatnya perkembangan era digital. Orangtua dapat memulainya dengan melakukan gaya komunikasi asertif kepada anak yakni tidak hanya ingin didengarkan namun mau berdiskusi dan mendengarkan pendapat anak. Akan tetapi yang paling penting untuk menghindari anak dari kecanduan gadget adalah dengan screen time yaitu membatasi waktu penggunaan gawai sesuai usia anak.

Orangtua harus mengajarkan aturan digital pada anak seperti membatasi screen time, di mana untuk anak usia 0-2 tahun sama sekali tidak boleh terpapar gawai. Usia 2-3 tahun hanya 30 menit per hari, sementara usia 3-5 tahun hanya 1 jam dengan games yang dipilih anak di bawah pengawasan orang tua dan di atas 5 tahun maksimal 2 jam sehari. 

“Mengoptimalkan screen time bisa dilakukan dengan mengikuti batas usia anak saat mengundu sesuatu, perhatikan history dari gawai yang digunakan, dan menggunakan gawai seperlunya. Selanjutnya orangtua harus fokus pada perkembangan anak, gawai hanya sarana saja dan berikan variasi kegiatan agar tidak bosan,” ujar Diena.

Di samping itu dia pun memberikan saran agar orangtua menerapkan zona bebas gawai untuk anak di rumah, sehingga anak terbiasa berinteraksi dengan anggota keluarganya. Zona benas gawai ini beberapa di antaranya di ruang makan dan ruang tidur. Biasakan anak hadir di meja makan, mengizinkan mereka untuk curhat dan saling menghibur. 

Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa  Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Di webinar kali ini ada beberapa narasumber lainnya yang ikut hadir di antaranya Henry V. Herlambang, CMO Kadobox, Eka Sandi, Pembina Forum Osis Kabupaten Bandung Barat, dan Andri Y Ramdani, Wakasek Kurikulum SMAN 1 Cililin. digital. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Puteri Indonesia 2022 Melanie Putria (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:30 WIB

Jangan Tergiur Promo! Ini Tips Pilih Klinik Kecantikan ala Melanie Putria

Perawatan kulit saat ini menjadi tren di kalangan wanita maupun pria. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat salah satu solusinya adalah melakukan perawatan ke klinik kecantikan.

Maulana Ardiansyah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:56 WIB

Maulana Ardiansyah Penyanyi Spesialis Trending Topik di YouTube, Siap Menghibur Pewarta Hiburan

Penyanyi banyak trending topik Maulana Ardiansyah, dan salah satunya single terbarunya, Dermaga Biru kini tengah trending menyatakan kesiapannya untuk hadir pada acara Launching MARS Forwan…

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:01 WIB

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), produk kopi Indonesia pada tahun 2021 mencapai lebih dari 774 ribu ton. Hal itu menjadikan…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putri Putri TNI Polri (FKPPI)/Kepala Badan Negara FKPPI Bambang Soesatyo

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:59 WIB

Stunting, Anak Putus Sekolah dan Endapan Dana Pemda

SIMPANAN dana pemerintah daerah (Pemda) di bank yang mencapai Rp 200,75 triliun itu untuk apa dan mau diendapkan sampai kapan? Pertanyaan ini layak dikedepankan, karena pembangunan nasional…

Ilustrasi Bandara

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:45 WIB

Bandara Internasional Batam Resmi Kelola Bandara Hang Nadim Batam

Jakarta-Pada hari Jum’at, 24 Juni 2022 telah dilaksanakan penandatanganan serah terima pengoperasian Bandara Internasional Hang Nadim dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan…