Thailand Pangkas Waktu Karantina jadi 7 Hari untuk Wisatawan yang Sudah Vaksin Penuh

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 01 Oktober 2021 - 16:00 WIB

Pattaya, Thailand (Ist)
Pattaya, Thailand (Ist)

INDUSTRY.co.id - Baru-baru ini, Thailand mengumumkan akan mengurangi waktu karantina menjadi tujuh hari untuk wisatawan yang sudah divakisinasi penuh yang akan berlaku mulai Oktober. Namun, pihak berwenang masih menunda rencananya hingga November untuk mengizinkan kedatangan wisatawan yang divaksinasi tanpa karantina, karena tingkat inokulasi yang rendah di negara itu.

Selain itu juga akan menghapus aturan karantina bagi wisatawan di 10 provinsi utama termasuk Bangkok pada bulan November untuk membantu menghidupkan kembali ekonominya yang bergantung pada pariwisata.

Dilansir dari laman Indianexpress, gugus tugas Covid-19 juga menyetujui pembukaan kembali berbagai bisnis dan layanan, termasuk bioskop, tempat olahraga dan salon perawatan kuku pada 1 Oktober. Menurut juru bicara Taweesilp Visanuyothin, jam malam terbaru akan berlaku mulai pukul 22.00 hingga 04.00 waktu setempat. 

Sebelumnya, Thailand menunda dan menyesuaikan program pembukaan kembali pariwisatanya beberapa kali karena tingkat vaksinasi yang rendah dan kekhawatiran bahwa pelonggaran aturan akan memungkinkan angka pasien Covid-19 melonjak lagi. 

Keputusan terbaru oleh penanganan virus Covdi-19, yang diketuai oleh Perdana Menteri Prayuth Chan-Ocha mengatakan bahwa ini merupakan bagian dari strategi "hidup dengan Covid" untuk memulai kembali ekonomi, sambil mempertahankan infeksi pada tingkat yang tidak membanjiri sistem perawatan kesehatan Thailand. 

"Langkah ini dilakukan setelah laju inokulasi telah ditingkatkan ke populasi utama dan pusat-pusat ekonomi, dengan sebanyak 1 juta dosis diberikan setiap hari dalam seminggu terakhir," ujarnya.

Sebelum pandemi, pada 2019 sektor pariwisata Thailand menarik hampir 40 juta pengunjung setiap tahun dan menghasilkan sekitar $ 60 miliar per tahun. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…