Penarapan Budaya Komunikasi Digital dalam Masyarakat Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 30 September 2021 - 16:45 WIB

Ilustrasi Berinternet (Ist)
Ilustrasi Berinternet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Komunikasi digital merupakan komunikasi berbasis komputer yang dapat digunakan untuk berinteraksi lewat platform digital serta pengiriman atau penerimaan pesan. Dalam proses komunikasi tersebut walaupun dilakukan secara langsung maupun tidak langsung tetap harus mempertahankan nilai-nilai budaya dalam berkomunikasi.

Nurrohman Safei, relawan TIK Karawang menjelaskan, kita perlu memperlihatkan nilai-nilai kebangsaan dari setiap manusia Indonesia. Nilai kebangsaan yang memiliki nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. 

"Jadi walaupun kita berkomunikasi menggunakan media digital tetapi tidak boleh mengesampingkan dimana kita berada. Di Indonesia banyak sekali budaya di Indonesia, sehingga ketika melakukan komunikasi secara digital nilai-nilai budaya tersebut dapat terus terjaga dengan baik. Kesadaran berbagai level masyarakat untuk melakukan komunikasi digital yang baik dan benar serta memiliki budaya Indonesia," ungkapnya saat menjadi pembicara dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Pemanfaatan teknologi Komunikasi komunikasi dalam digitalisasi kebudayaan bisa diterapkan dalam metode pembelajaran penggunaan digital komunikasi juga bermanfaat saat work from home. Konsep ini merupakan sebuah konsel bekerja dari mana saja dan kapan saja. 

Semenjak pandemi konsep ini memang sudah diterapkan dan memang berhasil dapat dilakukan oleh beberapa perusahaan. Kemungkinan konsep bekerja dari mana saja ini bisa dilakukan meskipun pandemi sudah berakhir.

Selain itu teknologi komunikasi juga dapat digunakan untuk memberi manfaat di berbagai sektor termasuk membantu para UMKM untuk meluaskan jangkauan konsumennya. Bukan hanya untuk menambah pasar namun media digital dapat mendekatkan mereka dengan konsumen. Para perusahaan besarpun kini dapat dengan mudah memahami apa keingainan dari marketing hanya dengan melihat media sosial mereka. 

"Budaya komunikasi ini menjadi jauh lebih mudah berkat adanya teknologi komunikasi," ujarnya.

Maka, budaya berkomunikasi digital yang sudah semakin mudah ini dapat dimanfaatkan oleh semua pihak untuk memanfaatkan. Untuk bekerja, belajar hingga menghasilkan pendapatan. Semua aktivitas menjadi lebih mudah, efektif, jangan lupakan juga tetap berbudaya Indonesia saat berkomunikasi di ruang digital.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (29/9/2021) pagi juga menghadirkan pembicara Zacky Badrudin (praktisi event virtual), Aditianata (dosen Universitas Esa Unggul), Richard Paulana (COO TMP Event), dan Tresia Wulandari sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…