Cara Menangkal Hoax di Ruang Digital, Begini Cara Melapornya!

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 30 September 2021 - 15:50 WIB

HOAX
HOAX

INDUSTRY.co.id - Hoax atau berita bohong berdampak negatif bagi kehidupan atau aktivitas kita sehari-hari. Eko Prasetyo, Co-Founder Syburst Corporation mengatakan, dampak negatif tersebut di antaranya membuang waktu, memicu kepanikan publik, penipuan publik, hingga menjadi pengalihan atas suatu isu.

Ia memaparkan, hoax yang beredar banyak berupa isu politik, pemerintahan kesehatan, bencana alam, ujaran kebencian, kejahatan, dan lainnya. Menurut data Kominfo, selama pandemi berlangsung sejak Januari 2020 hingga Juni 2021, terdapat 1.642 hoaks beredar terkait Covid-19.

"Secara undang-undang ada UU ITE, ada pidana penjara selama 6 tahun atau denda 1 miliar rupiah. Tetapi kalau dilihat trennya (hoax) justru bukan menyurut malah menjadi semakin ekstrem," ujar Eko dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Penyebab maraknya hoax yang beredar karena tidak adanya filter dari sendiri. Apabila sikap kita acuh tak acuh hal ini menjadi faktor sulitnya meredam berita hoax. Di samping itu, terdapat banyaknya saluran penyebaran berita hoaks seperti media sosial, aplikasi chatting, dan situs web.

Oleh karena itu, kita perlu waspada dan mengenali ciri dari hoaks. Eko memaparkan, ciri hoax yakni memancing emosi dan sifat negatif, memiliki tampilan menarik dan provokatif, mencantumkan tokoh/organisasi terkenal, memanipulasi foto, dan minta diviralkan. 

Hoax yang dibuat pun bisa berupa dua kategori, yakni misinformasi dan disinformasi. Misinformasi ialah informasi salah yang disebarkan oleh orang yang mempercayainya sebagai sesuatu hal yang benar. Lalu, disinformasi ialah informasi yang tetap disebarkan seseorang meski mengetahui bahwa informasi tersebut salah/tidak benar.

Untuk menangkal hoax, kita butuh mengatur emosi dan pola pikir positif. Kemudian, setelah membaca kita perlu memahami konteks berita secara menyeluruh. Setelah itu, lakukan konfirmasi dan verifikasi kepada ahli, serta meningkatkan kebiasaan membaca.

"Apabila menemukan hoax dan ingin melaporkannya, kita dapat mengakses situs dari MAFINDO di turnbackhoax.id dan email kominfo di [email protected]," jelas Eko.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (29/9/2021) pagi juga menghadirkan pembicara Virginia Aurelia (Owner & Founder @divetolive), Stelita Marsha (Tenaga Ahli Kemendikbudristek), Nindy Tri Jayanti (Entrepreneur & Penggiat UMKM), dan Deya Oktarissa sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.