Cegah Paparan Negatif di Internet, Orangtua Harus Tanamkan Nilai dan Etika pada Anak

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 29 September 2021 - 13:20 WIB

Ilustrasi Konten Menarik Untuk Anak (Foto: lemon.cm)
Ilustrasi Konten Menarik Untuk Anak (Foto: lemon.cm)

INDUSTRY.co.id - Peter Eio, Former President at LEGO Group pernah mengatakan untuk pertama kalinya dalam sejarah umat manusia bahwa generasi anak-anak telah melampaui orang tua mereka dalam menggunakan teknologi baru. Namun, orangtua masih bisa memegang andil dalam menangani anak dan memberikan nilai yang akan menjadi bekal menghalau hal negatif akibat pengaruh internet.

“Kita pegang andil namun kita perlu berdiri dengan kerendahan hati untuk bisa memahami anak-anak. Iya ya zaman sekarang anak-anak lebih pintar, jadi tugas kita sebagai orangtua untuk tidak memungkiri hal itu dan mengejar ketertinggalan dalam memahami teknologi,” sebut Fiona Damanik, Konselor di Universitas Multimedia Nusantara saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dia mengatakan, harus ada peran orangtua sebagai pembimbing anak untuk belajar teknologi dan mengejar ketertinggalan. Sebab anak memerlukan pembimbing yang mau masuk ke dunia mereka. Jangan memaksa anak ikuti orangtua, sebab pola asuh saat ini berbeda dengan cara orangtua dulu. Namun masuklah ke dunianya anak dengan memaknai berbagai aktivitas anak, misalnya saat anak asyik bermain game dan membuka internet. 

Orangtua pun dapat memberikan pendekatan kepada anak dan memaparkan konsekuensi logisnya dari internet dan terlalu banyak main game. 

Menurutnya hal-hal buruk yang ada di internet memang tidak terbendung, akan tetapi kebiasaan bagi anak yang dibangun oleh para orang tua misalnya nilai-nilai budaya dan etika di keluarga akan menjadi filter untuk menyaring hal negatif yang diterima anak dari dunia luar termasuk internet. 

“Warisan yang tidak akan pernah habis adalah nilai yang tertanam dari orang tua,” katanya lagi. 

Webinar Literasi Digital wilayah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber Maria Natasya, seorang Graphic Designer, Daniel Hermansyah, CEO of Kopi Chuseyo dan Iman Darmawan, Fasilitator Public Speaking.  

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Parfum Summerscent

Rabu, 29 Juni 2022 - 22:30 WIB

Summerscent Hadirkan Wewangian Mewah dengan Harga Terjangkau

Dalam beberapa tahun terakhir, produk wewangian atau parfum lokal mulai menjamur dan tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak brand wewangian lokal yang menarik perhatian, salah satunya Summerscent.…

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi pembasmian kebun ganja. (Fachrul Reza/NurPhoto via Getty Images)

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:58 WIB

Komisi III dan Komisi IX Akan Tindak Lanjuti Usulan Legalisasi Ganja Medis

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan telah melakukan komunikasi terkait dengan usulan soal legalisasi ganja untuk medis dengan pimpinan…