Menciptakan Kreativitas dan Inovasi di Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 29 September 2021 - 11:35 WIB

Ilustrasi Content Creator (Ist)
Ilustrasi Content Creator (Ist)

INDUSTRY.co.id - Indonesia memiliki 202,6 juta pengguna internet, dengan mayoritas mengakses melalui mobile seluler dan terdapat 170 juta pengguna aktif yang memanfaatkan platform media sosial. Bayangkan populasi yang terus bertambah di internet ini bisa menjadi potensi besar perekonomian digital untuk bangsa yang penduduknya empat terbesar di dunia.

Dengan memanfaatkan jaringan internet dan teknologi, kini masyarakan bisa berkomunikasi lebih mudah. Bahkan sejak pandemi, aktivitas seperti bekerja, belajar, belanja, hingga mengakses hiburan pun dilakukan melalui jaringan internet. 

"Internet bisa menjadi wadah kreativitas dan inovasi bagi pengguna. Namun, penggunaannya haruslah positif dan aman karena internet pun memiliki sisi negatif," kata Ridho Wibowo, Instruktur Virtual Coordinator Training Jawa Barat, saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. 

Menurutnya, internet memiliki manfaat untuk mencari informasi, data gambar dan pengetahuan, sebagai sarana hiburan, serta penyegaran pikiran untuk anak-anak. Di samping itu internet juga bermanfaat sebagai sarana pembelajaran yang interaktif untuk berbagai bidang ilmu pengetahuan. Berikut sarana untuk mengoleksi gambar, lagu, video dan hal yang menari adalah internet bisa menghasilkan uang. 

Berbagai platform media sosial seperti Instagram, Twitter, TikTok, dan YouTube bisa menjadi sumber penghasilan. Apa saja yang bisa dilakukan di Instagram?

Perbanyak followers, menjadi selebgram, berjualan di Instagram, menjual jasa, ikut lomba foto, ikut kuis, jasa titip beli barang dan mencari sponsor. Sementara di TikTok yang tengah booming sebagai media sosial, penggunanya dapat membuat branding image, mengunggah konten bermanfaat, menjadi influencer, membuat konten berbayar, hingga meluncurkan musik. 

Melihat ketertarikan netizen Indonesia yang aktif di media soaial, YouTube merupakan platform video teratas. Setiap orang bisa membuat konten vlog, video tutorial, unboxing, dan podcast. 

"Spesifik di YouTube yang mengambil kekuatan audio dan visual, pembuat konten harus memerhatikan beberapa strategi. Seperti rutin untuk mengunggah konten, memerhatikan durasi video agar pas dan tidak terlalu lama, serta rutin membagikannya di platform media sosial lainnya. Tentunya untuk menghasilkan uang melalui YouTube pembuat konten harus fokus, monetisasi, minimal memiliki 1.000 subscriber, dan 4.000 jam tayang," tuturnya.
 
Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Yanuar Iskandar, Wakabid Kesiswaan SMAN 4 Bogor, Emi Rosmiami, Kepala Sekolah SMAN 4 Bogor, dan Ana Agustin, Managing Partner di Indonesia Global Lawfirm. 

 Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.