Era Digitalisasi, Mengenalkan Budaya Indonesia Jadi Lebih Mudah

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 28 September 2021 - 17:15 WIB

Batik Cirebon (Dok: Kemenparekraf)
Batik Cirebon (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Kondisi digital Indonesia saat ini mengalami kemajuan dan disebut sebagai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Di antaranya memiliki 202,6 juta pengguna internet aktif dengan pengguna smartphone sebanyak 195,2 juta dan transaksi ekonomi digital mencapai Rp266,3 triliun. 

“Perubahan budaya akibat transformasi digital telah dialami masyarakat dengan kemudahan dari segi kesehatan, infrastruktur, ekonomi, mobilitas, dan pendidikan,” kata Aditya Nova Ketua Jurusan Hotel & Pariwisata IULI saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Namun menurutnya, transformasi digital membuka jalan perubahan di masyarakat yang berdampak pada kebiasaan yang dapat mengikis identitas bangsa. Dengan adanya fenomena globalisasi, faktor kebudayaan dari luar yang masuk dengan cepat serta diadopsi. 

“Terbukti dari riset di tahun 2020-2021 yang mencari tentang K-pop ternyata paling banyak orang Indonesia menurut Twitter,” kata Aditya. 

Lebih lanjut dia mengingatkan bahwa pelestarian dan keberlangsungan budaya di Indonesia seperti toleransi, menghormati keragaman, merupakan tanggung jawab bersama. Apalagi keragaman budaya yang dimiliki Indonesia tidak dimiliki oleh bangsa lain. Penanaman nilai akan indahnya suatu keberagaman tetap harus ditanamkan. Selain itu penyebaran wawasan kebudayaan Indonesia melalui media digital harus terus diperbanyak.

“Ada filosofi cerita yang dapat kita cari tahun dan kita sebarkan ke masyarakat luas,” tambahnya.

Misalnya filosofi sejarahnya, letak geografisnya, suku masyarakat asli lokalnya, rempah apa yang dapat mereka gunakan, banyak sekali kebudayaan Indonesia yang jika dicari tahu tidak akan pernah habis. Pengetahuan tersebut harus diteruskan ke generasi selanjutnya agar mereka tahu kekayaan rempah, kekayaan resep makanan, dan kekayaan budaya lainnya. Bahkan dari kekayaan kuliner Indonesia saja ada begitu banyak yang bisa dikembangkan.

“Kita punya lebih dari 5.000 macam resep makanan lho teman-teman. Sehingga walaupun tergerus karena adanya faktor globalisasi masuknya fast food, kuliner Indonesia tetap lebih kaya,” tutur Aditya. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Meiskasa, Recruitment Officer Permata Bank, Dee Rahma, seorang Digital Marketing Strategist, dan Sophie Beatrix, seorang Psikolog Praktisi. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Puteri Indonesia 2022 Melanie Putria (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:30 WIB

Jangan Tergiur Promo! Ini Tips Pilih Klinik Kecantikan ala Melanie Putria

Perawatan kulit saat ini menjadi tren di kalangan wanita maupun pria. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat salah satu solusinya adalah melakukan perawatan ke klinik kecantikan.

Maulana Ardiansyah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:56 WIB

Maulana Ardiansyah Penyanyi Spesialis Trending Topik di YouTube, Siap Menghibur Pewarta Hiburan

Penyanyi banyak trending topik Maulana Ardiansyah, dan salah satunya single terbarunya, Dermaga Biru kini tengah trending menyatakan kesiapannya untuk hadir pada acara Launching MARS Forwan…

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:01 WIB

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), produk kopi Indonesia pada tahun 2021 mencapai lebih dari 774 ribu ton. Hal itu menjadikan…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putri Putri TNI Polri (FKPPI)/Kepala Badan Negara FKPPI Bambang Soesatyo

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:59 WIB

Stunting, Anak Putus Sekolah dan Endapan Dana Pemda

SIMPANAN dana pemerintah daerah (Pemda) di bank yang mencapai Rp 200,75 triliun itu untuk apa dan mau diendapkan sampai kapan? Pertanyaan ini layak dikedepankan, karena pembangunan nasional…

Ilustrasi Bandara

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:45 WIB

Bandara Internasional Batam Resmi Kelola Bandara Hang Nadim Batam

Jakarta-Pada hari Jum’at, 24 Juni 2022 telah dilaksanakan penandatanganan serah terima pengoperasian Bandara Internasional Hang Nadim dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan…