Pentingnya Berhati-hati dengan Data Pribadi

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 28 September 2021 - 16:10 WIB

Ilustrasi Pelindungan Data Pribadi (Photo by Suara.com)
Ilustrasi Pelindungan Data Pribadi (Photo by Suara.com)

INDUSTRY.co.id - Data pribadi ini sangat penting untuk dilindungi agar menghindari kejahatan yang marak terjadi di dunia digital. Saat ini data sering disalahgunakan bahkan diperjualbelikan. Data pribadi terdiri dari dua jenis, yakni umum dan khusus. 

Data pribadi umum ialah data yang boleh diketahui oleh publik seperti nama, jenis kelamin, kewarganegaraan, dan lainnya. Sementara data pribadi khusus, yakni data yang tidak boleh diketahui publik, seperti data kesehatan, keuangan, biometrik genetika, pandangan politik, dan lainnya.

“Membuat password yang kuat, pahami pengaturan privasi, hati-hati mengunggah data pribadi di media sosial, hindari membagikan data pribadi orang lain, dan menghindari wifi gratis. Kelima hal itu adalah tips melindungi data pribadi,” tutur Rully Pramudita seorang Akademisi & Konsultan IT dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Di samping itu, pemilihan akses data dari aplikasi yang didownload harus diperhatikan, serta senantiasa memperbaharui perangkat lunak pada perangkat kita. Tujuannya, untuk meminimalisir risiko dan celah kebocoran. Kemudian, waspadai juga komunikasi atau aktivitas mencurigakan yang terjadi di akun-akun media sosial kita, terlebih jika itu dari orang yang tidak dikenal.

Rully menyampaikan, di internet sendiri data-data itu tidak pernah berhenti setiap harinya. Misalnya, dalam waktu 60 detik di Instagram terdapat 340 ribu storeis. Artinya, dengan banyaknya akses di media sosial yang secara cepat dan masif, otomatis terdapat transaksi data pribadi yang terus terjadi.

Risiko minimnya pengetahuan dan kesadaran tentang data pribadi, memungkinkan data kita untuk digunakan sebagai pinjaman online, telemarketing, hacking akun dompet digital, profiling, hingga pengambilalihan akun media sosial.

Lalu, untuk mengantisipasi pencurian data, kita bisa menggunakan beberapa alamat email, mengupdate password secara berkala, mengaktifkan verifikasi dua langkah, menyalakan notifikasi login, mengaktifkan update otomatis aplikasi, dan menghindari jaringan publik.

“Menjaga privasi dan melindungi data pribadi adalah hal yang penting untuk dijaga kerahasiaannya dan tidak diumbar ke sembarang publik atau di platform digital,” tutupnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/9/2021) juga menghadirkan pembicara, Didik Setiyadi (Rektor Universitas Indonesia Mandiri), Goretti Mailiani (Project & Planning Binus Group), Chakti Santana (Divisi Riset Edukasi4ID), dan Tabitha Purba (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Infrastruktur listrik PLN

Senin, 27 Juni 2022 - 12:19 WIB

Dugaan PLN Hambat Industri Pasang PLTS Atap, Ketua Umum AESI: Menteri ESDM Harus Lapor Presiden

Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa, menyarankan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melaporkan perihal kesulitan industri mendapatkan izin pemasangan…

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Para pembalap motocross kelas MX2 melakukan start balapan pertama di gelaran MXGP 2022 di Samota, Sumbawa Besar (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:15 WIB

MXGP Samota 2022 jadi Momentum Promosikan NTB Sebagai Destinasi Wisata Olahraga

MXGP 2022 merupakan ajang balap motocross yang digelar pada 24-26 Juni 2022 dan diikuti oleh 33 pembalap motocross dari berbagai negara. Sebelumnya, MXGP juga pernah digelar di Palembang, Sumatra…