Tak Hanya di Dunia Nyata, Netiket Juga diterapkan saat Berinternet

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 28 September 2021 - 15:55 WIB

Ilustrasi Bermain Gadget (ist)
Ilustrasi Bermain Gadget (ist)

INDUSTRY.co.id - Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam. Bahkan, Indonesia juga menjadi pengguna media sosial terbesar di dunia. Perbedaan dan kemajuan teknologi ini perlu diimbangi dengan pemahaman tentang etika berinternet atau netiket di dunia maya.

Pipit Djatma, Fundraiser Consultant IBU Foundation mengatakan, etika terbagi menjadi tradisional dan kontemporer. Etika tradisional menyangkut etika offline, yaitu tata cara, kebiasaan, dan budaya yang mencerminkan kesepakatan bersama setiap kelompok masyarakat dalam menunjukkan apa yang pantas dan tidak pantas. Sementara, etika kontemporer adalah etika elektronik yang menyangkut tata cara dan kebiasaan yang berkembang karena teknologi. 

Layaknya beretika di masyarakat, bagi orang yang melanggarnya pun memiliki konsekuensi atau risiko. Dalam dunia maya, kasus tentang pelanggaran etika kontemporer banyak dilakukan dalam bentuk ujaran kebencian dan biasanya dijerat dengan UU ITE.

“Motif melakukannya ada faktor dalam diri dan faktor dari luar diri. Faktor dalam diri itu tidak bisa menanggapi dan menerima perbedaan pendapat, faktor luar diri bergantung pada lingkungan pertemanan dan komunitas,” jelas Pipit dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Oleh karena itu, di ruang digital kita perlu menerapkan netiket. Netiket adalah etika dalam jaringan dunia maya. Etika ini dibawa pada saat menggunakan internet, mulai dari email, chatting di grup Whatsapp, forum online, dan aktivitas komunikasi lainnya di internet.

Penggunaan netiket ini termasuk juga saat kita berkomentar, membagikan postingan, dan lain-lain. Sebaiknya, sebelum melakukan itu kita perlu mengecek sebauh informasi tentang hal yang ingin dibagikan atau dikomentari utnuk menghindari hoax.

“Etika di dunia nyata dan dunia maya itu sama. Jadi, ketika kita ingin menyampaikan informasi harus berdasarkan fakta, tidak mengandung SARA, dan unsur kekerasan/pornografi,” ujarnya.

Penggunaan netiket itu harus dilakukan karena kita harus mengikuti segala aturan yang ada di internet, serta menghargai orang-orang didalamnya yang memiliki latar belakang berbeda.  

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/9/2021) juga menghadirkan pembicara, Luqman Effendi (Kepala Sekolah SMK Brahari), Edy Widodo (Kepala Program Produktif Teknik Komputer Jaringan OPS Dapodik SMK Brahari), Boyke N. (Divisi Kerjasama Edukasi4ID), dan Vivian Wijaya (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Infrastruktur listrik PLN

Senin, 27 Juni 2022 - 12:19 WIB

Dugaan PLN Hambat Industri Pasang PLTS Atap, Ketua Umum AESI: Menteri ESDM Harus Lapor Presiden

Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa, menyarankan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melaporkan perihal kesulitan industri mendapatkan izin pemasangan…

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Para pembalap motocross kelas MX2 melakukan start balapan pertama di gelaran MXGP 2022 di Samota, Sumbawa Besar (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:15 WIB

MXGP Samota 2022 jadi Momentum Promosikan NTB Sebagai Destinasi Wisata Olahraga

MXGP 2022 merupakan ajang balap motocross yang digelar pada 24-26 Juni 2022 dan diikuti oleh 33 pembalap motocross dari berbagai negara. Sebelumnya, MXGP juga pernah digelar di Palembang, Sumatra…