Dharma Group Manfaatkan Teknologi Robotik dan Otomatisasi Hadapi Kompetisi Global

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 September 2021 - 12:00 WIB

PT Dharma Polimetal, Dharma Group
PT Dharma Polimetal, Dharma Group

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Dharma Polimetal (“Dharma Group”), perusahaan manufaktur komponen otomotif milik Triputra Group, terus melengkapi fasilitas produksi mereka dengan teknologi termutakhir. Bentuk pemanfaatan teknologi tersebut adalah serangkaian mesin dan sarana robotik serta otomatisasi di seluruh pabrik perusahaan yang berlokasi di Cikarang, Karawang, dan Cirebon.

Presiden Direktur Dharma Group Irianto Santoso mengatakan langkah tersebut dilakukan demi mewujudkan visi menjadi perusahaan manufaktur kelas dunia, yang sudah tercermin dari posisi perusahaan sebagai pelaku industri lokal yang mampu bersaing dengan perusahaan global.

Dia mengatakan karena Dharma Group memiliki tujuan untuk menjadi perusahaan manufaktur kelas dunia maka pembangunan fasilitas kelas dunia merupakan salah satu prioritasnya.

“Dharma Group menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi terkini dalam produksi kami. Untuk mewujudkannya, tim engineer kami mendesain dan mengembangkan serangkaian peralatan dan software untuk mengoptimalkan produksi di pabrik, yang melengkapi penggunaan ratusan robot industri yang kami gunakan,” ujar Irianto Santoso.

Menurut dia, contoh rangkaian teknologi tersebut adalah mesin stamping 80 Ton hingga 1.200 Ton, Cold Forging, CNC/NC Machine, Manual & Robotic Welding, Robotic Spot Welding, Special Purpose Machine, laser cutting, dan laser drilling.

Peralatan itu juga termasuk peralatan untuk proses finishing seperti Nickel Chrome Plating, eat Treatment Facility.

Dia mengatakan saat ini perusahaan sudah menjadi supplier lokal terbesar bagi sejumlah komponen onderdil otomotif sehingga bersaing dengan perusahaan global.

Teknologi yang paling mutakhir mendukung Dharma Group dalam menghasilkan komponen berkualitas tinggi, termasuk Muffler, Swing Arm dan Steering Handle untuk motor, serta Reinforcement Sub Assy Instrument Panel/Beam Comp Steering Hanger, dan Hood Lock serta Member Suspension untuk mobil, dan Fastener.

Khusus untuk komponen seperti beam comp steering hanger untuk dashboard mobil, serta kabel listrik dan kabel kontrol untuk motor, Dharma Group menjadi supplier lokal terbesar.

Produk-produk tersebut didistribusikan kepada pabrikan-pabrikan otomotif terkemuka, seperti PT Astra Honda Motor, PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, serta PT Honda Prospect Motor dan digunakan secara luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat lainnya di Indonesia.

Dengan fasilitas kelas dunia, Dharma Group yakin dapat menjadi perusahaan manufaktur komponen otomotif terkemuka dan terus kompetitif di industri yang selalu berkembang ini, baik secara nasional dan internasional.

“Kami menyadari bahwa kompetisi yang kami hadapi tidak hanya dengan sesama perusahaan nasional tetapi juga perusahaan global dan berkelas dunia lainnya. Seiring terus bertumbuhnya industri otomotif dan semakin banyaknya pemain yang terlibat, Dharma Group memahami bahwa kami harus menjadi perusahaan kelas dunia dengan memanfaatkan teknologi,” tutup Irianto Santoso.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…