Menciptakan Budaya Digital Baik dengan Menyaring dan Memproduksi Konten Positif

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 27 September 2021 - 19:25 WIB

Ilustrasi Membuat Content Creative (Ist)
Ilustrasi Membuat Content Creative (Ist)

INDUSTRY.co.id - Keberadaan internet membuat informasi begitu cepat berdatangan. Banjir informasi mengenai segala hal mulai dari berita yang dimuat di grup obrolan What’sApp hingga media sosial. Segala informasi yang beredar belum tentu semuanya benar dan baik, setiap orang harus lebih kritis dalam menerima maupun menyaring informasi agar tidak termakan hoax.

Henry V. Herlambang CMO Kadobox mengatakan ada beberapa pilar pendukung agar setiap orang turut membangun budaya kreatif dan produktif di ruang digital. Yakni dengan mefilter siapa saja dan akun apa saja yang diikuti. Selanjutnya ikuti hanya komunitas positif dan produktif, biasakan untuk bijak saat berkomentar dan mengunggah sesuatu di media sosial.

"Bedakan saja akun-akun publik yang kurang produktif dan cenderung menggiring opini atau berisi gosip dengan akun produktif dan positif yang mengajarkan budaya baik dan mengedukasi," kata ujar Henry V. Herlambang CMO Kadobox saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Kualitas akun yang layak untuk diikuti pun dapat dilihat dari komentar yang ada di dalamnya, serta respon penulisnya. Komentar unggahan yang berbobot bahkan menambah nilai dan perspektif atau opini alternatif. Membiasakan untuk memiliki budaya digital hal-hal yang positif pada akhirnya membuat semua orang mudah saling terkoneksi.

Lebih lanjut, setiap orang bisa mendukung tren budaya digital yang baik dan produktif bersama dengan orang-orang dan komunitas positif. Mulanya mungkin sulit, namun dengan membuat konten positif maka sebagai individu seseorang bisa mendapatkan nilai lebih.

"Bahkan secara digital seseorang akan mudah dilirik pihak perekrut pencari kerja, mendapat peluang endorse, lebih dikenal calon pemberi peluang, lebih mudah membina relasi lewat media sosial, dan menjadi cara standout secara digital," jelasnya. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Klemes Rahardja, Founder The Enterpreneur Society, Syarief Hidayatulloh, Digital Strategist Hello Monday Morning, dan Rino, Kaprodi Teknik Informatika Universitas Buddhi Dharma. 

kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…

Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:11 WIB

Fasilitasi Bisnis Industri Petrokimia, Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Pembiayaan yang diberikan oleh Bank OCBC NISP adalah bagian dari komitmen Bank untuk mendukung Chandra Asri agar dapat secara berkesinambungan mengembangkan bisnisnya.