Cara Sederhana Mengamankan Informasi Pribadi di Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 27 September 2021 - 19:10 WIB

Ilustrasi Password (Ist)
Ilustrasi Password (Ist)

INDUSTRY.co.id - Survei We Are Social mengungkapkan, global responden yang khawatir terhadap penyalahgunaan data di internet rata-rata sebesar 33,1 persen secara pribadi. Namun, hanya enam negara di Asia yang memiliki persentase di atas rata-rata tersebut. 

"Sebanyak 39,2 persen responden di Singapura mengatakan khawatir soal keamanan data pribadinya di internet. Pernyataan serupa juga dikatakan oleh 37,9 persen responden di Korea Selatan dan 36,7 persen di Israel , 35,6 persen di Malaysia, 34,6 persen di Filipina dan 34,3 persen di Indonesia," ujar Aluisius Surya Product Owner dan Co-Founder Siswamedia saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dia mengungkapkan, keamanan data begitu penting untuk mencegah potensi kerugian material, mengurangi risiko penyalahgunaan data atau informasi dan memperkecil peluang tindakan kriminal. Karena itu setiap pengguna, perlu mengetahui cara untuk menjaga data pribadi, baik itu mengamankan data di perangkat maupun jaringan.  

Beberapa cara untuk mengamankannya yakni dengan mengaktifkan autektifikasi 2 faktor, jangan membagikan PIN, password, dan kode OTP kepada orang lain, serta hindari untuk memasukan data ke situs atau link yang tidak dikenal. Jangan membagikan informasi penting seperti tanggal lahir, nama lengkap, nama orangtua dan alamat. Aktifkan notifikasi email dan SMS, serta jangan lupa untuk menghapus history transaksi. 

Bagi Anda yang belum mengetahui beberapa istilah baru dalam sistem pengamanan, ketahui tentang 2 factor authentification dan OTP. Disebut juga sebagai autentifikasi 2 faktor, ini merupakan metode login yang memerlukan 2 faktor autentifikasi yang berbeda misalnya penggunaan harus memasukan beberapa informasi faktor autentifikasi lainnya untuk masuk ke akun. 

Adapun OTP merupakan singkatan dari One Time Password, merupakan kode verifikasi berupa angka yang digunakan sebagai autentifikasi untuk mengakses sebuah aplikasi atau transaksi. 

"Di samping itu untuk keamanan perangkat dan transaksi, ketahui juga bagaimana cara menjaga PIN dan OTP yang aman, yaitu jabgan mudah percaya dengan nomor asing. Jangan pernah berikan kode OTP yang Anda terima kepada siapa pun, pastikan rutin mengganti password dan PIN, kemudian aktif mengecek aktivitas di aplikasi dan jangan berikan akses nomor telepon," tukasnya.

Webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Andry Hamida, Head of Creatived Visual Hello Monday Morninf, Goretti Meiliani, Project & Planning Section Head Binus Group dan Dino Hamid, Founder Famgofest & Latomochi. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB

Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…

Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:30 WIB

Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Gerbang Tanggon Kosala, Akademi Kepolisian (Akpol), Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa, 5 Juli 2022, sekitar pukul 07.15 WIB.…

BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:22 WIB

BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

Komitmen PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dalam menghadirkan service excellence dan inovasi terdepan serta nilai tambah bagi masyarakat telah mengantarkan BCA dalam beberapa ajang penghargaan.…

OPPO Rayakan 100 Tahun Center Court dengan menjadi Mitra Global Wimbledon

Selasa, 05 Juli 2022 - 11:25 WIB

OPPO Rayakan 100 Tahun Center Court dengan Menjadi Mitra Global Wimbledon untuk 4 Tahun Berturut-Turut

OPPO melanjutkan komitmen untuk menginspirasi pengguna globalnya, OPPO merayakan hari jadi Centre Court yang ke-100 dengan meluncurkan kampanye terbarunya bernama Inspiration Ahead. Center Court…