Penyebaran Wawasan Kebudayaan Indonesia Melalui Media Digital Harus Diperbanyak

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 25 September 2021 - 19:00 WIB

Ilustrasi Wayang, Ciri Khas Kebudayaan Indonesia (Ist)
Ilustrasi Wayang, Ciri Khas Kebudayaan Indonesia (Ist)

INDUSTRY.co.id - Indonesia sangat kaya akan warisan kebudayaan, seni, adat istiadat, dan kearifan lokal. Bangsa Indonesia juga sangat dikenal dengan keramahtamahannya, asas gotong royongnya, yang merupakan etika kebudayaan. Namun di satu sisi ada fenomena digital dari survei Digital Civility Index (DCI) 2020 oleh Microsoft, menyebutkan Indonesia berada di urutan terakhir di kawasan Asia Tenggara mengenai "Kesopanan di dunia digital". 

"Jangan sampai dengan adanya transformasi digital yang sangat cepat ini, mengubah karakter kebudayaan yang sudah diwariskan dan jalankan dalam kehidupan sehari-hari," kata Aditya Nova Putra Ketua Jurusan Hotel & Pariwisata IULI saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id

Kondisi digital Indonesia saat ini mengalami kemajuan dan disebut sebagai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Di antaranya memiliki 202,6 juta pengguna internet aktif dengan pengguna smartphone sebanyak 195,2 juta dan transaksi ekonomi digital mencapai Rp266,3 trilyun. Perubahan budaya akibat transformasi digital telah dialami masyarakat dengan kemudahan dari segi kesehatan, infrastruktur, ekonomi, mobilitas, dan pendidikan.

Namun menurutnya, transformasi digital membuka jalan perubahan di masyarakat yang berdampak pada kebiasaan yang dapat mengikis identitas bangsa. Dengan adanya fenomena globalisasi, faktor kebudayaan dari luar yang masuk dengan cepat serta diadopsi. 

"Terbukti dari riset di tahun 2020-2021 yang mencari tentang K-pop ternyata paling banyak orang Indonesia menurut Twitter," kata Aditya. 

Dia pun mengingatkan bahwa pelestarian dan keberlangsungan budaya di Indonesia seperti toleransi, menghormati keragaman, merupakan tanggung jawab bersama. Apalagi keragaman budaya yang dimiliki Indonesia tidak dimiliki oleh bangsa lain. Penanaman nilai akan indahnya suatu keberagaman tetap harus ditanamkan. Selain itu penyebaran wawasan kebudayaan Indonesia melalui media digital harus terus diperbanyak.

"Salah satu pelestarian budaya yaitu dengan memilih makanan Indonesia untuk dikonsumsi sehari-hari. Indonesia gastronomi (senin dalam makan) bahkan bisa menjadi salah satu pelestarian budaya," tukasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Henry V. Herlambang, CMO Kadobox, Vivi Andriyani, Marcomm & Promotion Specialist, dan Sophie Beatrix, seorang Psikolog Praktisi. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.