Warganet, Begini Cara Berpartisipasi Melawan Hoax!
Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 25 September 2021 - 18:15 WIB
HOAX
INDUSTRY.co.id - Hoax atau berita bohong mudah meluas di masyarakat karena informasi hoaks umumnya bersifat sensasional hingga membuat penerimanya merasa perlu untuk menyebarkan informasi tersebut tanpa melakukan konfirmasi kebenaran.
Menurut suveri masyarakat telematika Indonesia (Mastel) tahun 2019, sebanyak 43,5 persen mengaku berita hoaks biasanya didapat dari orang yang dipercaya, sementara 29,3 persen mengira informasi tersebut bermanfaat dan 18,9 persen mengira bahwa informasinya benar, dan 3,7 persen responden mengaku ingin menjadi yang pertama memberitahu informasi, sisanya 4,6 persen mengaku hanya iseng saat menyebarkannya.
"Masyarakat perlu mengetahui cara mengidentifikasi hoaks yakni dengan mengetahui ciri-cirinya," kata Roky. R Tampubolon, seorang Praktisi Hukum saat menjadi narasumber di Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.
Untuk mewaspadainya, masyarakat perlu berhati-hati dengan judul yang provokatif. Selain itu cermati juga alamat situs sumber berita, periksa fakta dan keberimbangan sumber berita, cek juga keaslian foto dan video, dan ikuti grup diskusi anti hoaks.
Sekarang sudah ada platform digital untuk cek kebenaran berita, seperti situs https://turnbackhoax.id, dan https://cekfakta.com.
"Teman-teman bisa berpartisipasi dengan cara lapor berita atau informasi hoax kepada otoritas media terkait. Untuk media sosial seperti Facebook dan Instagram ada fitur report. Selain itu juga dapat mengadukan konten negatif tersebut ke Kementerian Kominfo langsung ke alamat email [email protected]," tuturnya lagi.
Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.
Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Dino Hamid, Founder Famgofest & Latomochi, Sandy Natalia, Co-Founder of Beauty Cabin, dan Fiona Damanik, Konseler dari Universitas Multimedia Nusantara.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.
Baca Juga
Ulang Tahun ke 26, Elnusa Petrofin Gelar Khitanan Massal untuk Anak-anak…
Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen…
Rayakan 4th Anniversary, Faxtor Indonesia Dukung Potensi Industri…
70mai Rilis Dash Cam Lite 2 Dengan Resolusi Kamera Full HD 1080P…
Jelang Kurban, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Siapkan 1.713 Domba Berkualitas
Industri Hari Ini

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB
Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara
Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB
Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi
Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:30 WIB
Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Gerbang Tanggon Kosala, Akademi Kepolisian (Akpol), Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa, 5 Juli 2022, sekitar pukul 07.15 WIB.…

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:22 WIB
BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022
Komitmen PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dalam menghadirkan service excellence dan inovasi terdepan serta nilai tambah bagi masyarakat telah mengantarkan BCA dalam beberapa ajang penghargaan.…

Selasa, 05 Juli 2022 - 11:25 WIB
OPPO Rayakan 100 Tahun Center Court dengan Menjadi Mitra Global Wimbledon untuk 4 Tahun Berturut-Turut
OPPO melanjutkan komitmen untuk menginspirasi pengguna globalnya, OPPO merayakan hari jadi Centre Court yang ke-100 dengan meluncurkan kampanye terbarunya bernama Inspiration Ahead. Center Court…
Komentar Berita