Bergaya atau Berkarya di Media Sosial? Cobalah Lebih Produktif di Ruang Digital 

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 24 September 2021 - 20:05 WIB

Ilustrasi Mengupload Konten (Ist)
Ilustrasi Mengupload Konten (Ist)

INDUSTRY.co.id - Perkembangan teknologi dan internet memungkinkan setiap orang memanfaatkannya secara positif dengan menjadikan media digital sebagai ruang berkarya. Bukan sekadar bergaya, media sosial yang ada bahkan menjadi tempat bagi setiap orang untuk memanfaatkannya sebagai portofolio di berbagai bidang pekerjaan dan usaha. 

"Fokuskan tujuan kamu apa dalam bermedia digital. Mau berkarya atau sekadar bergaya?," Kata Aldiyar, Instruktur Edukasi4ID saat webinar Literasi Digital wilayah Kab Sukabumi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih lanjut dia mengatakan, secara positif menggunakan media digital sebagai ruang untuk berkarya dan mendapatkan berbagai peluang. Hal tersebut bisa dimulai dari hal yang paling mungkin sebagai langkah awal, yaitu dari hobi maupun segala sesuatu yang disukai maupun keahlian dan kebisaan seseorang. 

Sehingga di media sosial seseorang bukan hanya sebagai penikmat, tapi pembuat karya. Sebagai contoh memiliki keahlian maupun hobi memasak, maka Anda bisa membuat konten resep masakan. Dari situ seseorang juga bisa mendaftar ikut kompetisi sejenis MasterChef.

Dari produksi konten positif yang berasal dari keahlian dan hobi ini, media digital pun akhirnya secara tidak langsung menjadi media penyimpanan portofolio seseorang. Dengan jumlah pengikut dan relasi di media sosial semakin bertambah, otomatis menjadi ruang untuk memperlihatkan hasil pekerjaan. Hal ini juga yang membuat audience mulai ‘ngeh’ akan profesi dan keahlian seseorang. Bahkan bagi freelancer maka akan mudah klien melihat hasil pekerjaan. 

"Gunakan media sosial untuk menjalin relasi. Bangun relasi positif di media sosial dengan hanya fokus ke sesuatu yang berhubungan dengan tujuan kamu di awal tadi," tuturnya.

Bahkan pengguna media sosial bisa menjalin relasi dengan rekan satu profesi dan teman baru yang satu hobi. Kemudian seseorang bisa memanfaatkan untuk kolaborasi dan media sosial ini berguna juga sebagai media promosi bisnis. Karena itu jangan ragu untuk menambah kemampuan diri dengan belajar skills desain sederhana yang bisa dipelajari secara otodidak lewat bantuan internet. 

Manfaatkan relasi yang telah dibangun untuk mempromosikan produk atau jasa. Selain itu manfaatkan media digital untuk mendapatkan informasi yang viral sebagai update. Untuk mengantisipasi derasnya informasi palsu atau berita hoaks yang beredar sebaiknya ikuti hanya akun kredibel yang bisa dipercaya. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Mona Ratuliu, Founder ParenThink, Cecep Mansyur, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, dan Fadhlan Fadhilah, Pendamping Guru Penggerak Kemendikbudristek. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.