Pentingnya Memiliki Kemampuan Digital Saat Ini

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 23 September 2021 - 20:45 WIB

Ilustrasi Digital Skills (Ist)
Ilustrasi Digital Skills (Ist)

INDUSTRY.co.id - Berkembangnya teknologi digital juga turut membawa kemampuan-kemampuan baru yang bisa dimiliki oleh masyarakat khususnya para generasi muda dan usia produktif. Mereka juga harus mengetahui sebenarnya apa saja tantangan di era digital. Disadari atau tidak, dunia ini menjadi lebih lincah, lingkungan menuntut agar kita bisa cepat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang tidak terduga.

Tantangan lainnya yaitu adalah tidak menentunya sebuah teknologi sehingga lingkungan membutuhkan kita untuk cepat mengambil tindakan dalam situasi yang tidak pasti. Lingkungan yang dinamis atau kompleks dengan dan saling ketergantungan dengan kondisi sekitar yang terakhir adalah tantangan yang sering terjadi di luar kebiasaan kita sehingga harus senantiasa berpikir outside the box atau di luar wilayah keahlian kita. 

Indira Wibowo seorang public speaker mengatakan, banyak sekali yang kini harus terjun dalam ruang wilayah di luar dari keahlian mereka.

Untuk digital skill, dapat diketahui yang termasuk dalam hard skill yaitu coding, web development, big data analytics, artificial intelligence, cloud computing, internet of thing dan machine learning. Sementara untuk soft skill ada 4C critical thinking, creativity, collaboration dan communication.

"Sekarang seseorang harus memiliki informasi dan literasi data, bagaimana caranya memanfaatkan data. Sebab kini data menjadi penting di era digital. Kemampuan membuat konten digital secara instan yakni mengambil dan mengedit gambar lewat smartphone. Biasanya untuk mereka yang memegang media sosial sebuah perusahaan," jelasnya dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sementara itu bagi UMKM kemampuan digital yang penting dimiliki untuk bersaing di dunia digital yakni mereka harus menguasai perangkat digital, memiliki kemampuan untuk story telling. 

"Bagaimana mampu menceritakan produk atau jasa yang kita tawarkan sehingga mampu menarik perhatian calon konsumen. Story telling ini berguna untuk di media sosial atau marketplace empat kita berjualan," jelasnya.

Kemampuan lainnya, fotografi dasar sebab kini visual menjadi yang utama. pengelolaan bisnis dasar digital marketing di media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter erta penguasaan fitur dalam marketplace seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (22/9/2021) siang juga menghadirkan pembicara Dian Nurawaliah Sonjaya (Founder Maleeha Skin Care), Theo Derrick (founder Coffee Meets Stock), Ahmad Rofahan (Ketua RTIK Kabupaten Cirebon), dan Wafika Andira sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…