Peluang dan Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh saat Pandemi Covid-19

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 23 September 2021 - 20:15 WIB

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)
Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)

INDUSTRY.co.id - Semenjak pandemi berlangsung dan pembelajaran dialihkan menjadi jarak jauh. Kita semua tiba-tiba menjadi guru baik untuk anak atau adik-adik. 

Aaron Daniel O’Brien seorang Education Influencer & Teacher, membagi tantangan PJJ alias Pembelajaran Jarak Jauh ini dalam empat poin, yaitu adaptasi dari pembelajaran offline ke online, kurangnya teknik pengajaran yang inovatif dan kreatif terkesan monoton, psikologis peserta didik yang menghambat progres pembelajaran, dan sebagian murid mudah merasa bosan dengan PJJ. 

“Kalau literasi digital kita sebagai pendidik itu kuat, kita bisa melakukan pembelajaran online ini dengan lebih seru, menyenangkan, dan mendidik seperti di pelajaran tatap muka,” tutur Aaron dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Peluang yang didapatkan dengan adanya pembelajaran jarak jauh, kita bisa mengeksplorasi metode baru dalam mengajar. Banyaknya fitur yang mendukung pembelajaran online di masa pandemi bisa dimanfaatkan. Kemudian, pemberdayaan murid untuk meraih kemerdekaan belajar, maksud dari hal ini ialah peserta didik memilih jalan belajarnya seperti apa.

Lanjutnya, memiliki standar pada pembelajaran online setelah masa pandemi. Dalam artian, setelah pandemi usai, beberapa sistem pembelajaran mungkin akan berbeda karena sebagian telah menargetkan sekolah secara online. Penggunaan gadget yang lebih positif dan produktif oleh peserta didik. Jadi, gadget tidak hanya dikenal sebagai media hiburan, tetapi media pembelajaran.

Solusi agar PJJ menjadi lebih efektif, sebagai tenaga pendidik ialah memberikan inovasi dalam metode pengajaram seperti presentasi kreatif, bideo, kuis, games, dan lainnya. Lalu, meminta dan bertanya pendapat murid mengenai gaya belajar yang efektif bagi mereka.

“Cara kita belajar mengajar telah diubah secara permanen. Sebagai guru harus terbuka untuk mempelajari hal-hal baru, dan beradaptasi dengan keadaan,” ujar Aaron.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (22/9/2021) siang, juga menghadirkan pembicara Golda Siregar (Certified Behaviour Consultant Senior), Bukhori (Relawan TIK Sukabumi), Katherine (Owner Organicrush), dan Lady Kjaernett sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Singapore Tourism Board (STB) meluncurkan kampanye pemasaran global untuk memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi MICE.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:46 WIB

Perkuat Posisi Singapura Sebagai Destinasi MICE, STB Luncurkan Kampanye Global

Kampanye global yang diluncurkan STB turut mengundang penyelenggara acara MICE dari Indonesia untuk mempertimbangkan Singapura sebagai destinasi MICE unggul yang dapat memberikan hasil berdampak,…