Kemajuan Generasi Digital yang Tanpa Henti

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 23 September 2021 - 20:00 WIB

Generasi Milenial (Ist)
Generasi Milenial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Aspek kehidupan tidak terlepas dari penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Terjadi pergeseran pola pikir, pola sikap dan pola tindak masyarakat dalam akses dan distribusi dan informasi.

Misalnya dalam pendidikan yang sekarang dapat dilakukan dalam jarak jauh hanya melalui gawai anak-anak sudah bisa berkomunikasi dengan guru mereka, hingga mengerjakan tugas kelompok dengan teman-teman mereka. Bergaul atau melakukan hubungan sosial juga kini tidak perlu bertatap muka secara langsung ada Skype, LINE, WhatsApp dan sebagainya yang dapat menggantikan pertemuan secara fisik.

Berbagai budaya yang juga berubah seperti saat belanja yang dulu di pasar di supermarket yang tatap muka tapi sekarang belanja bisa tanpa tatap muka.

Aditianata, dosen Universitas Esa Unggul mengatakan, masyarakat Indonesia akan semakin mudah dalam mengakses informasi melalui berbagai platform teknologi digital yang menawarkan inovasi fitur dari medium komunikasi yang kian interaktif. Kini terbentuklah sebuah masyarakat digital yang menjadi realitas hidup di abad 21, makhluk manusia dalam berbagai sektor kehidupan terpaut dengan teknologi digital.

"Generasi digital lebih terbuka terhadap identitas mereka ada di Facebook, Instagram, YouTube, Twitter dan media sosial lainnya. Mereka cenderung bisa mengungkapkan nama asli mereka dan ini juga sudah terkait dengan etika digital bagaimana mereka juga menjaga data diri," ungkapnya saat menjadi pembicara dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Jika dilihat dari proses belajar generasi digital selalu mengakses dengan menggunakan Google, Yahoo dan mesin pencari yang lainnya. Mereka mempunyai kemampuan belajar yang jauh lebih cepat karena segala informasi ada di ujung jari mereka. 

"Urusan kebebasan berekspresi juga generasi digital cenderung ingin memperoleh kebebasan. Mereka tidak suka diatur dikekang, mereka ingin memegang kontrol dan internet menawarkan kebebasan itu," jelasnya.

Dalam hal privasi, generasi digital lebih terbuka, berfikir agresif sama halnya dengan tadi identitas. karakteristik mereka ini juga menjadi sesuatu yang berdampak negatif jika para generasi digital tidak hati-hati. Maka dari itu generasi digital sebaiknya memiliki literasi digital untuk meningkatkan kecakapan digital. Cakap bukan hanya pandai mengoperasikan tapi juga mereka mampu bertanggung jawab dan menjaga diri mereka di ruang digital.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/9/2021) siang, juga menghadirkan pembicara Asep Suhendar (Kreator Konten dan RTIK Indonesia), Khanti Paramita (pebisnis online), Iwan Kemrianto (founder yukbisnis.com), dan Ribka sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…