Anjuran Minum Kopi dalam Sehari Menurut Ilmu Kesehatan India

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 23 September 2021 - 14:15 WIB

Ilustrasi Kopi
Ilustrasi Kopi

INDUSTRY.co.id - Sebagian orang memilih minum kopi untuk mengawali harinya supaya lebih berenergi dan untuk mengusir kantuk. Walau memang sangat baik untuk kesehatan jantung namun, minum kopi yang berlebihan dan sudah menjadi kebiasaan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Lantas, berapa banyak kopi yang harus diminum setiap hari?

Dilansir dari laman Times of India, kopi adalah stimulan alami dan ini adalah alasan mengapa langsung meningkatkan tingkat energi seseorang. Bahkan, kandungan antioksidan membantu dalam meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan kewaspadaan, dan juga membantu dalam mengelola berat badan. 

Menurut Ayurveda (ilmu kesehatan yang berasal dari negara India), kopi memiliki sifat Rajas, yang membantu dalam meningkatkan tingkat energi. Dengan demikian, disarankan untuk mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi di siang hari. Juga hindari meminumnya di antara waktu makan karena dapat menyebabkan kemudahan dan mengurangi nafsu makan.

Pastikan juga jangan minum kopi saat perut kosong karena menyebabkan asam lambung, dan sakit Tambahkan sesendok mentega / ghee ke kopi hitam untuk mengurangi kekeringan berlebihan yang disebabkan karena kafein. Ini juga membantu dalam meningkatkan kesehatan pencernaan dan bekerja sebagai pencahar alami.

Orang yang menderita gangguan tidur harus menghindari minum kopi di sore hari karena dapat mempengaruhi siklus tidur. Pastikan juga mengurangi asupan kopi jika Amengalami menopause, penyakit kulit atau kecemasan. Juga, kurangi asupan kopi selama kehamilan karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.