Warganet Harus Tahu, Ini Pentingnya Menerapkan Etika di Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 22 September 2021 - 11:05 WIB

Ilustrasi Netizen Bermain Sosial Media (Ist)
Ilustrasi Netizen Bermain Sosial Media (Ist)

INDUSTRY.co.id - Menurut sumber We Are Social Digital 2021: The Lates Insight Into The State of Digital, sebanyak 202,6 juta penduduk Indonesia telah menggunakan internet. Fakta ekosistem pengguna internet di Indonesia tersebut mengungkap kenaikan sebesar 15,5 persen atau 27 juta pengguna dibandingkan Januari 2020.

Berinteraksi digital akhirnya sudah menjadi keseharian dan setiap orang sudah harus memahami, etika nilai-nilainya. Terlebih saat berkolaborasi secara digital, perlu adanya kemampuan berinteraksi sesuai etika yang merupakan human skills dalam berkomunikasi. Termasuk juga hard skills berupa penguasaan terhadap perangkat media digital yang digunakan. 

"Etika merupakan istilah yang berasal dari Yunani kuno, ethicos berarti timbul dari kebiasaan. Yaitu studi filsafat mengenai standar dan penilaian moral, mencakup analisis dan penerapan konsep benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab," kata Dee Rahma, seorang Digital Marketing Strategist saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Apalagi menurutnya di saat berinteraksi digital, akan ada rekam jejak digitalnya berupa obrolan chat di What’sApp dan unggahan di media sosial. Sehingga dalam berinteraksi digital tentu ada tanggung jawabnya. Hal inilah yang mesti disadari orang Indonesia dengan kondisi bisa disebut sudah melek digital dengan 202,6 juta pengguna internet. 

Dari survei Digital Civility Index (DCI) 2020 oleh Microsoft yang dirilis Februari 2021 mengungkap netizen Indonesia sebagai yang paling tidak sopan se-Asia Pasifik. 

"Risiko utama ruang digital Indonesia, berita bohong dan penipuan, ujaran kebencian, dan diskriminasi," lanjutnya.

Menurut dia ada alasan mengapa hoax atau berita bohong berkembang di Indonesia. Antara lain karena banyaknya pengguna anonim, literasi digital masyarakat rendah dan mudah tersulut emosi, serta kurangnya berpikir kritis. Sebab itu sebelum interaksi, pahami dulu etika agar para penggunanya bisa menciptakan ruang digital yang sehat dan produktif. 

"Etika digital ini meliputi kemampuan memahami emosi dan diri sendiri sehingga punya citra diri positif. Masyarakat juga perlu berpikiran terbuka sehingga bisa saling respect dan memiliki toleransi sesuai pondasi dasar filosofi Bhineka Tunggal Ika. Selanjutnya kenali juga emosi orang lain dan pahami bahwa etika komunikasi digital sama dengan interaksi tatap muka," tukasnya.
 
Webinar Literasi Digital di Kota Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula narasumber seperti Daniel Hermansyah, CEO of Kopi Chuseyo, Dino Hamid, Founder FAMGOFEST & LATOMOCHI, Asep H. Nugroho, Dosen Fakultas Teknik UNIS. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Webinar Kadin Indonesia

Senin, 25 Oktober 2021 - 11:33 WIB

Kadin Harapkan Pengusaha Nasional Lebih Tanggap Terhadap Resiko Bencana 

Tingkat ancaman bencana alam di Indonesia yang cukup tinggi turut berdampak pada iklim kegiatan usaha. Para pelaku usaha diharapkan mampu beradaptasi dan cepat tanggap terhadap risiko bencana…

Direktur Sales & Distribution BSI, Anton Sukarna (tengah) didampingi Direktur Eksekutif Laznas BSMU, Sukoriyanto Saputro (kanan) ketika melakukan penyerahan secara simbolis bantuan pembangunan Gedung Sekolah & Perpustakaan Yayasan Investa Cendekia Amanah Depok kepada Pengasuh Pondok Pesantren Cendekia Amanah, Muhammad Cholil Nafis (kiri)

Senin, 25 Oktober 2021 - 11:22 WIB

BSI dan Laznas BSMU Bersinergi, Tingkatkan SDM Pesantren untuk Pacu Ekosistem Halal

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bersama Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSMU) bersinergi membangun ekosistem halal melalui pesantren sebagai salah satu pusat…

Presiden Jokowi resmikan Proyek Pabrik Biodiesel

Senin, 25 Oktober 2021 - 11:22 WIB

Dahsyat! Pabrik Biodiesel Senilai Rp619 Miliar di Kalsel yang Diresmikan Jokowi Mampu Produksi 60 Ton Per Jam

Proyek EPCC 1500 TPD Pembangunan Pabrik Biodiesel yang dikerjakan oleh entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., yakni PT Wijaya Karya Rekayasa Konstruksi (WRK) di Kabupaten Tanah Bumbu,…

Presiden Jokowi

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:53 WIB

Sah! Jokowi Lantik 17 Dubes Baru RI, Ada Nama Mantan Bos Kadin Hingga Jubir Presiden

Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi melantik 17 duta besar baru RI untuk 34 negara sahabat di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/10/2021).

Anggota DPR Fraksi Gerindra Novita

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:52 WIB

Syarat Terbang PCR dari Mendagri! Novita DPR: Aturan ini Lahir Kenapa, Landasannya Apa?

Menyikapi Instruksi Menteri Dalam Negri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, 2 dan 1 di Jawa dan Bali, Novita Wijayanti selaku Anggota Komisi V mempertanyakan landasan aturan…