Sektor Infrastruktur Meningkat, Semen Indonesia Bangun Pabrik di Aceh dan Kupang

Oleh : Herry Barus | Senin, 29 Mei 2017 - 13:15 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - Jakarta—  PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) tengah melakukan studi kelayakan untuk rencana pembangunan dua pabrik barunya yaitu Semen Indonesia Aceh dan Semen Kupang Indonesia.

"2 Pabrik tersebut akan memperkuat portofolio fasilitas produksi perusahaan semen pelat merah terbesar di Tanah Air tersebut di wilayah Sumatra dan timur Indonesia. Untuk nilai investasinya belum ada, tapi kebijakan perusahaan adalah capital expenditure (Capex) tahun ini sebesar 20% dari total revenue tahun lalu, termasuk untuk akuisisi dan pembangunan fasilitas," kata Direktur Keuangan PT Semen Indonesia Tbk, Darmawan Junaidi kepada  Imq di Jakarta, Senin (29/5/2017).

Darmawan mengatakan, pabrik di Aceh merupakan proyek yang sebelumnya dimiliki perusahaan lain, tetapi diambil alih oleh Semen Indonesia dengan kepemilikan saham sebesar 52%. Pabrik di Kabupaten Pidie Jaya tersebut ditargetkan dapat beroperasi pada 2020 hingga 2021.

"Untuk pabrik semen di Kupang, saat ini perseroan sedang mengupayakan pengadaan lahan sehingga pembangunan belum dimulai. Pabrik tersebut juga ditargetkan dapat beroperasi pada 2020," papar dia.

Adapun, saat ini Semen Indonesia telah memiliki empat pabrik yang berlokasi di Gresik dan Tuban di Jawa Timur, Sumatra Barat, dan Sulawesi Selatan. Total kapasitas keempat pabrik tersebut yaitu 35,50 juta ton per tahun atau tertinggi di antara pabrik semen lain yang beroperasi di Indonesia.

Darmawan menambahkan, perseroan ingin menjaga posisi sebagai pemimpin pangsa pasar untuk menjamin pertumbuhan ekonomi nasional tetap bertumpu pada perusahaan nasional.

"Makanya, kami ingin terus bisa lead pasar. Setiap negara saat ini sudah oversupply semen dan kami masih paling tinggi pangsa pasarnya karena saluran distribusi yang terbesar," tutur Darmawan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun sawit (Foto Dok Tribunnews)

Senin, 20 Mei 2019 - 15:30 WIB

Hadapi UE, Indonesia Harus Punya Konsep Kawasan Hutan dan Deforestasi

Para pemangku kepentingan perlu duduk bersama untuk membahas pemahaman kawasan hutan dan deforestasi. Hal itu supaya ada aturan yang tegas dan tidak multitafsir agar tidak setiap ada kegiatan…

Bank BRI. (Irvan AF/INDUSTRY.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 14:47 WIB

Forbes Kembali Nobatkan Bank BRI Sebagai Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia

Jakarta – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali dinobatkan oleh Forbes sebagai Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia.

Arc by Crown Group

Senin, 20 Mei 2019 - 14:00 WIB

Crown Group Hadirkan Griya Tawang Berkonsep Manhattan Senilai Rp70 M di Sydney

Pengembang properti terkemuka di Australia, Crown Group kembali meluncurkan griya tawang megah bergaya Manhattan di proyek hunian vertikal terbarunya, Arc by Vrown Group di jantung kota Sydney.

Lugas M Satrio, Presiden Direktur PT Central Data Technology (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 12:30 WIB

CDT Tawarkan Solusi Business Intelligence Bebas Klik Semudah Menggeser Kursor Komputer

Business Intelligence (BI) dan analitik menjadi salah satu teknologi penentu keberhasilan bisnis di era digital, namun kompleksitas penggunaan dan kecepatan solusi BI dalam menghasilkan insight…

Jalan perbatasan Nusa Tenggara Timur

Senin, 20 Mei 2019 - 12:03 WIB

Pembangunan Jalan Sabuk Merah Pacu Pertumbuhan Ekonomi Kawasan Perbatasan NTT

Selain merampungkan PLBN, Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) X Kupang Direktorat Jenderal Bina Marga juga tengah membangun Jalan perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT)…