Sektor Infrastruktur Meningkat, Semen Indonesia Bangun Pabrik di Aceh dan Kupang

Oleh : Herry Barus | Senin, 29 Mei 2017 - 13:15 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - Jakarta—  PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) tengah melakukan studi kelayakan untuk rencana pembangunan dua pabrik barunya yaitu Semen Indonesia Aceh dan Semen Kupang Indonesia.

"2 Pabrik tersebut akan memperkuat portofolio fasilitas produksi perusahaan semen pelat merah terbesar di Tanah Air tersebut di wilayah Sumatra dan timur Indonesia. Untuk nilai investasinya belum ada, tapi kebijakan perusahaan adalah capital expenditure (Capex) tahun ini sebesar 20% dari total revenue tahun lalu, termasuk untuk akuisisi dan pembangunan fasilitas," kata Direktur Keuangan PT Semen Indonesia Tbk, Darmawan Junaidi kepada  Imq di Jakarta, Senin (29/5/2017).

Darmawan mengatakan, pabrik di Aceh merupakan proyek yang sebelumnya dimiliki perusahaan lain, tetapi diambil alih oleh Semen Indonesia dengan kepemilikan saham sebesar 52%. Pabrik di Kabupaten Pidie Jaya tersebut ditargetkan dapat beroperasi pada 2020 hingga 2021.

"Untuk pabrik semen di Kupang, saat ini perseroan sedang mengupayakan pengadaan lahan sehingga pembangunan belum dimulai. Pabrik tersebut juga ditargetkan dapat beroperasi pada 2020," papar dia.

Adapun, saat ini Semen Indonesia telah memiliki empat pabrik yang berlokasi di Gresik dan Tuban di Jawa Timur, Sumatra Barat, dan Sulawesi Selatan. Total kapasitas keempat pabrik tersebut yaitu 35,50 juta ton per tahun atau tertinggi di antara pabrik semen lain yang beroperasi di Indonesia.

Darmawan menambahkan, perseroan ingin menjaga posisi sebagai pemimpin pangsa pasar untuk menjamin pertumbuhan ekonomi nasional tetap bertumpu pada perusahaan nasional.

"Makanya, kami ingin terus bisa lead pasar. Setiap negara saat ini sudah oversupply semen dan kami masih paling tinggi pangsa pasarnya karena saluran distribusi yang terbesar," tutur Darmawan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat memberikan penghargaan kepada pemenang IGDS 2019 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 14 Oktober 2019 - 18:15 WIB

Lewat IGDS 2019, Kemenperin Lahirkan Produk Industri Berkualitas Tinggi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya mendorong ekosistem industri kreatif Indonesia agar menghasilkan produk-produk dengan desain berkualitas. Hal ini guna meningkatkan citra positif…

Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Senam Kebugaran Untuk Ibu-Ibu di Perbatasan RI-PNG

Senin, 14 Oktober 2019 - 18:00 WIB

Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Senam Kebugaran Untuk Ibu-Ibu di Perbatasan RI-PNG

Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad bekerjasama dengan Puskesmas…

Huawei Band 4

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:45 WIB

Resmi Hadir di Indonesia, Huawei Band 4 Dibanderol Seharga Rp 449.000

Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia meluncurkan perangkat¬†smart wearable, Huawei Band 4 ke pasar Indonesia¬†yang dipersenjatai dengan teknologi pengisian baterai USB dan terkoneksi…

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:35 WIB

Airlangga Beri Sinyal Kuat untuk Rosan Isi Pos Menperin

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto memberikan kode kepada Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani untuk bersiap memasuki periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf…

Huawei P30 Pro Mystic Blue dan Case Glamor Swarovski

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:12 WIB

Huawei P30 Pro Hadirkan Warna Baru, dan Case Glamor Swarovski untuk Pasar Indonesia

Meskipun Huawei memperkenalkan dua varian warna baru di IFA 2019, yakni Mystic Blue dan Musty Lavender, namun hanya Mystic Blue yang diberikan untuk pasar Indonesia.