Jawab Semua Kebutuhan, Ini Jenis-jenis Faskes di SehatQ

Oleh : Hariyanto | Selasa, 21 September 2021 - 10:15 WIB

Laman resmi SehatQ
Laman resmi SehatQ

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketika Anda merasakan suatu gejala masalah kesehatan, ada dua pilihan yang dapat Anda lakukan. Pertama, Anda mencoba melakukan penanganan darurat di rumah bermodalkan informasi terpercaya jika memang kondisinya tidak terlalu parah. 

Pilihan kedua, Anda menghubungi tenaga medis untuk mendapatkan penanganan segera jika memang kondisinya memang perlu segera mendapat penindakan. Datang ke faskes alias fasilitas kesehatan menjadi cara terbijak untuk mendapat penanganan yang Anda butuhkan dan harapkan tersebut. 

Daripada harus mengantre begitu datang ke faskes, ada baiknya Anda membuat janji terlebih dahulu lewat aplikasi konsultasi kesehatan online SehatQ. Di platform ini Anda bisa menemukan beragam pilihan faskes, mulai dari faskes tingkat pertama sampai tingkat lanjutan untuk menangani berbagai masalah keluhan kesehatan Anda. 

Penasaran apa saja jenis faskes yang bisa Anda jumpai dalam platform SehatQ? Berikut ini adalah faskes-faskes yang bisa Anda akses di SehatQ untuk membuat janji segera kondisi masalah kesehatan Anda bisa segera ditangani begitu Anda tiba di faskes tersebut. 

Klinik Umum 
Klinik umum merupakan faskes tingkat pertama di mana Anda bisa memperoleh pemeriksaan kesehatan terkait gejala yang Anda keluhkan. Biasanya, klinik umum merupakan faskes yang didirikan perseorangan dan hanya berisi dokter umum. 

Artinya, penyakit-penyakit yang dapat ditangani di jenis faskes ini adalah penyakit-penyakit bergejala ringan. Penanganan yang diberikan pun biasanya hanya penanganan awal. Jika gejala masih terus berlanjut, tidak jarang dokter di klinik umum akan memberikan Anda rujukan untuk berobat ke faskes lanjutan ataupun dokter spesialis. 

Puskesmas 
Sebenarnya, pelayanan yang dapat Anda peroleh di puskesmas sangat mirip dengan klinik umum. Di sini Anda bisa memperoleh pemeriksaan dan penanganan awal, yang akan berakhir dengan rujukan apabila gejala kesehatan yang Anda rasakan tidak kunjung membaik. Namun perbedaannya, faskes puskesmas biasanya dikelola oleh pemerintah. 

Puskesmas juga tidak hanya menyediakan layanan dokter umum, melainkan juga layanan dokter gigi, beberapa dokter spesialis, sampai pada laboratorium. Ya, secara umum, layanan yang ada di puskesmas lebih lengkap dibandingkan klinik umum biasa, walaupun sama-sama berstatus faskes tingkat pertama. Anda pun bisa membuat janji di puskesmas dengan memanfaatkan layanan faskes di SehatQ.

Rumah Sakit 
Rumah sakit adalah faskes lanjutan yang memiliki layanan lebih lengkap dibandingkan faskes tingkat pertama, seperti klinik ataupun puskesmas. Di rumah sakit, Anda tidak hanya bisa menjumpai dokter umum, melainkan berbagai ragam dokter spesialis. Alhasil, penanganan kesehatan yang bisa Anda dapatkan di faskes ini jauh lebih lengkap dan mendalam. Rumah sakit sendiri bisa dikelola oleh pemerintah maupun swasta. 

Klinik Gigi 
Jika Anda memiliki masalah gigi dan tidak mau mengantre lama di rumah sakit, sebaiknya Anda segera membuat janji ke faskes klinik gigi yang ada di SehatQ. Sesuai namanya, faskes ini menyediakan layanan pemeriksaan dan pengananan masalah gigi, mulai dari pencabutan, penambalan, sampai beragam perawatan gigi yang Anda butuhkan. 

Klinik Kecantikan 
Kata siapa klinik kecantikan bukan bagian dari faskes alias fasilitas kesehatan? Kebanyakan orang menganggap klinik kecantikan hanya untuk orang-orang yang mau membuat wajahnya terlihat lebih cerah dan menawan. Padahal sebenarnya, di faskes ini Anda bisa menjumpai dokter-dokter spesialis kulit yang dapat menangani berbagai masalah kulit yang menjadi penyebab masalah kecantikan dan kesehatan Anda. 

Laboratorium 
Apakah Anda pernah menyangka bahwa laboratorium temasuk faskes? Kenyataannya, laboratorium memang merupakan faskes tingkat pertama di mana Anda dapat memperoleh penanganan berupa pemeriksaan darah sampai pemeriksaan kesehatan lainnya. Tidak jarang, di laboratorium juga terdapat dokter yang dapat melakukan pemeriksaan fisik kepada Anda. 

Sekarang sudah lebih paham mengenai berbagai jenis faskes, bukan? Segera cek faskes yang Anda butuhkan dan lakukan pendaftaran lewat SehatQ agar lebih simpel. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:52 WIB

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Pejabat Bank BTN Cabang Denpasar Wahjudi Djoko Poerwanto memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa bumi Bali di Karangasem dan Bangli melalui BPBD Provinsi Bali di, Denpasar, Minggu…

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:48 WIB

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Pasuruan-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar akad kredit massal sebanyak 3.000 unit di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Habitat Dunia yang diperingati…

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 19:10 WIB

OJK Siapkan Delapan Arah Kebijakan Strategis Tahun 2022

Manado-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan delapan kebijakan strategis di tahun 2022 untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia dengan terus mengoptimalkan manfaat sektor jasa keuangan…

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Begini Cara Mengajarkan Keamanan Berinternet pada Anak

Sebelum mengedukasi anak mengenai keamanan berinternet, Idayanti Sudiro seorang Certified Life and Wellness Coach menyampaikan, terdapat hal yang harus dipahami oleh orang tua, yaitu menyadari…

Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 16:15 WIB

Melihat Sisi Positif dari Bermain Media Sosial

Seiring perkembangan zaman, kehadiran media sosial semakin beragam. Media sosial merupakan sebuah media yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan…