Jawab Semua Kebutuhan, Ini Jenis-jenis Faskes di SehatQ

Oleh : Hariyanto | Selasa, 21 September 2021 - 10:15 WIB

Laman resmi SehatQ
Laman resmi SehatQ

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketika Anda merasakan suatu gejala masalah kesehatan, ada dua pilihan yang dapat Anda lakukan. Pertama, Anda mencoba melakukan penanganan darurat di rumah bermodalkan informasi terpercaya jika memang kondisinya tidak terlalu parah. 

Pilihan kedua, Anda menghubungi tenaga medis untuk mendapatkan penanganan segera jika memang kondisinya memang perlu segera mendapat penindakan. Datang ke faskes alias fasilitas kesehatan menjadi cara terbijak untuk mendapat penanganan yang Anda butuhkan dan harapkan tersebut. 

Daripada harus mengantre begitu datang ke faskes, ada baiknya Anda membuat janji terlebih dahulu lewat aplikasi konsultasi kesehatan online SehatQ. Di platform ini Anda bisa menemukan beragam pilihan faskes, mulai dari faskes tingkat pertama sampai tingkat lanjutan untuk menangani berbagai masalah keluhan kesehatan Anda. 

Penasaran apa saja jenis faskes yang bisa Anda jumpai dalam platform SehatQ? Berikut ini adalah faskes-faskes yang bisa Anda akses di SehatQ untuk membuat janji segera kondisi masalah kesehatan Anda bisa segera ditangani begitu Anda tiba di faskes tersebut. 

Klinik Umum 
Klinik umum merupakan faskes tingkat pertama di mana Anda bisa memperoleh pemeriksaan kesehatan terkait gejala yang Anda keluhkan. Biasanya, klinik umum merupakan faskes yang didirikan perseorangan dan hanya berisi dokter umum. 

Artinya, penyakit-penyakit yang dapat ditangani di jenis faskes ini adalah penyakit-penyakit bergejala ringan. Penanganan yang diberikan pun biasanya hanya penanganan awal. Jika gejala masih terus berlanjut, tidak jarang dokter di klinik umum akan memberikan Anda rujukan untuk berobat ke faskes lanjutan ataupun dokter spesialis. 

Puskesmas 
Sebenarnya, pelayanan yang dapat Anda peroleh di puskesmas sangat mirip dengan klinik umum. Di sini Anda bisa memperoleh pemeriksaan dan penanganan awal, yang akan berakhir dengan rujukan apabila gejala kesehatan yang Anda rasakan tidak kunjung membaik. Namun perbedaannya, faskes puskesmas biasanya dikelola oleh pemerintah. 

Puskesmas juga tidak hanya menyediakan layanan dokter umum, melainkan juga layanan dokter gigi, beberapa dokter spesialis, sampai pada laboratorium. Ya, secara umum, layanan yang ada di puskesmas lebih lengkap dibandingkan klinik umum biasa, walaupun sama-sama berstatus faskes tingkat pertama. Anda pun bisa membuat janji di puskesmas dengan memanfaatkan layanan faskes di SehatQ.

Rumah Sakit 
Rumah sakit adalah faskes lanjutan yang memiliki layanan lebih lengkap dibandingkan faskes tingkat pertama, seperti klinik ataupun puskesmas. Di rumah sakit, Anda tidak hanya bisa menjumpai dokter umum, melainkan berbagai ragam dokter spesialis. Alhasil, penanganan kesehatan yang bisa Anda dapatkan di faskes ini jauh lebih lengkap dan mendalam. Rumah sakit sendiri bisa dikelola oleh pemerintah maupun swasta. 

Klinik Gigi 
Jika Anda memiliki masalah gigi dan tidak mau mengantre lama di rumah sakit, sebaiknya Anda segera membuat janji ke faskes klinik gigi yang ada di SehatQ. Sesuai namanya, faskes ini menyediakan layanan pemeriksaan dan pengananan masalah gigi, mulai dari pencabutan, penambalan, sampai beragam perawatan gigi yang Anda butuhkan. 

Klinik Kecantikan 
Kata siapa klinik kecantikan bukan bagian dari faskes alias fasilitas kesehatan? Kebanyakan orang menganggap klinik kecantikan hanya untuk orang-orang yang mau membuat wajahnya terlihat lebih cerah dan menawan. Padahal sebenarnya, di faskes ini Anda bisa menjumpai dokter-dokter spesialis kulit yang dapat menangani berbagai masalah kulit yang menjadi penyebab masalah kecantikan dan kesehatan Anda. 

Laboratorium 
Apakah Anda pernah menyangka bahwa laboratorium temasuk faskes? Kenyataannya, laboratorium memang merupakan faskes tingkat pertama di mana Anda dapat memperoleh penanganan berupa pemeriksaan darah sampai pemeriksaan kesehatan lainnya. Tidak jarang, di laboratorium juga terdapat dokter yang dapat melakukan pemeriksaan fisik kepada Anda. 

Sekarang sudah lebih paham mengenai berbagai jenis faskes, bukan? Segera cek faskes yang Anda butuhkan dan lakukan pendaftaran lewat SehatQ agar lebih simpel. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Prudential Life Assurance (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 26 April 2024 - 05:01 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Catatkan Premi Rp22 Triliun

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) mencatatkan pertumbuhan double digit hingga 15% berdasarkan nilai premi baru…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…