Bapak Ibu Tolong Catat! PPKM Resmi Diperpanjang, Anak Usia Dibawah 12 Tahun Diizinkan Masuk Mal

Oleh : Ridwan | Senin, 20 September 2021 - 20:35 WIB

Ilustrasi Mall
Ilustrasi Mall

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah kembali memperpanjang masa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level di Jawa dan Bali mulai Selasa (21/9) sampai dengan 4 Oktober 2021. 

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, melalui YouTube pada Senin (20/9).

Dikatakan Luhut, dalam masa perpanjangan kali ini, pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan mal dan pusat perbelanjaan untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun. 

“Akan dilakukan uji coba pembukaan mal untuk anak-anak di kurang dari usia 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orang tua,” kata Luhut dalam konferensi pers.

Luhut menjelaskan, uji coba penerapan kebijakan pembukaan mal untuk anak-anak dilakukan di lima kota. Kelima kota itu meliputi Semarang, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung.

Berdasarkan hasil evaluasi, seluruh daerah di Jawa dan Bali telah mengalami penurunan status pembatasan mobilisasi dari level 4 menjadi level 3 atau 2.

Penurunan level ini mengacu pada berbagai indikator seperti angka kasus aktif Covid-19, penambahan konfirmasi kasus harian, tingkat bed occupancy rate atau BOR rumah sakit, hingga tingkat kematian.

Mengacu pada hasil penurunan tren penyebaran Covid-19, pemerintah melakukan sejumlah penyesuaian. Selain pembukaan mal untuk anak-anak, Luhut mengatakan pemerintah mengizinkan warga dari zona kuning mengunjungi bioskop. Sebelumnya pengunjung bioskop dibatasi hanya yang berasal dari daerah dengan kategori hijau.

Sedangkan bioskop di mal telah beroperasi sejak pekan lalu dengan maksimal kapasitas 50 persen. Tak hanya pelonggaran pada bioskop, restoran yang berada di luar ruangan atau outdoor kini dapat beroperasi dengan maksimal kapasitas pengunjung 50 persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peresmian pembukaan gerai flagship Mitsubishi Heavy Industry AC (MHIAC) di PIK 2.

Kamis, 18 Juli 2024 - 00:37 WIB

Showroom Mitsubishis Heavy Indistries AC Pertama di Indonesia Resmi Dibuka di PIK 2

PT Graha Berkat Trading meresmikan pembukaan showroom flagship Mitsubishi Heavy Industries AC pertama di Indonesia yang ada di PIK 2.

Pengembang hunian properti Synthesis Development melalui Synthesis Huis meluncurkan unit cluster Baltic.

Rabu, 17 Juli 2024 - 22:52 WIB

Synthesis Huis Luncurkan Show Unit Cluster Baltic

Synthesis Huis Peluncuran show unit cluster Baltic menjadi wajah baru di Synthesis Huis, sebagai pengalaman yang berbeda untuk para konsumennya.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:50 WIB

Tarik Potensial Investor, Kemenparekrag Dorong Terbentuknya Indeks Emiten Parekraf

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong penguatan indeks saham di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air dengan melakukan pembentukan indeks khusus emiten…

Mobil listrik Suzuki berkonsep eVX (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:30 WIB

Perdana di Asia Tenggara, Suzuki Pamer Mobil Listrik eVX di GIIAS 2024

Suzuki Indonesia secara resmi memperkenalkan mobil listrik berkonsep eVX di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Kehadiran mobil listrik eVX di GIIAS 2024 menjadi penampilan…

Mitsubishi All New Triton & New Pajero Sport

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:10 WIB

Mitsubishi All New Triton & New Pajero Sport Resmi Meluncur GIIAS 2024

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi memperkenalkan All New Triton dan New Pajero Sport di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.