6 Rahasia Jualan di Marketplace Biar Makin Cuan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 20 September 2021 - 18:25 WIB

Ilustrasi Marketplace (Ist)
Ilustrasi Marketplace (Ist)

INDUSTRY.co.id - Bertahan di tengah pandemi dengan segala keterbatasannya tentunya tidak mudah, namun berkat adanya internet dan pemanfaatan teknologi semua menjadi mungkin. 

Termasuk untuk para pemilik UMKM yang selama pandemi ini mesti beralih jualan di marketplace atau memiliki toko online. Tentunya sebagai sesuatu yang baru, menjalankan bisnis di marketplace perlu trik tersendiri, terutama bagi pemula yang ingin memanfaatkan sarana digital. 

"Rahasia digital yang penting adalah banyak traffic atau banyak yang lihat dan tahu kita lalu berminat membeli," ujar Henry V. Herlambang CMO Kadobox saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers Industry.co.id.

Dia pun memberikan beberapa trik agar para pemula bisnis UMKM bisa berhasil cuan di marketplace, antara lain:

1.Gunakan foto produk yang baik. Dari segi pemilihan angle foto hingga kualitas resolusi foto produk harus baik sehingga pembeli dapat dengan jelas melihat produknya. Anda pun bisa menggunakan jasa foto produk yang terjangkau namun memiliki hasil bagus.

2.Deskripsi produk yang lengkap dan menarik merupakan salah satu kunci. Berikan keyword produk yang tepat sesuai dengan mesin pemcarian Google dan deskripsi terkait produk lengkap sehingga calon pembeli bisa mengetahui informasi produk dengan jelas. 

3.Berikan keunggulan atau kelebihan dari produk lainnya yang sejenis sehingga pembeli menjadi tertarik. 

4.Meminta teman dan kenalan untuk berkunjung ke toko kita di marketplace, berikan link dan minta mereka memberi ulasan.

5.Gunakan media sosial untuk mempromosikan produk, dari sini maka bisnis akan bertumbuh dengan banyak customer baru dan pembelian berulang. 

6.Gunakan alat pembayaran elektronik untuk mempermudah, namun sertakan juga pilihan COD (cash on deivery) karena ada potensi bagi masyarakat untuk jenis pembayaran lainnya. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Iman Darmawan seorang Fasilitator Public Speaking, Ari Budi Wibowo Kepala Bidang Kemitraan Siberkreasi, dan Nandya Satyaguna seorang Medical Doctor. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 06:00 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Bangga Atas Pengorbanan Seluruh Prajurit TNI dan Anggota Polri

TNI dan Polri adalah dua institusi negara yang sangat strategis milik seluruh rakyat Indonesia. Pemerintah dan rakyat mempercayakan berbagai tugas mulia ke pundak prajurit TNI dan anggota Polri.

Prajurit Korps Marinir Siap Dalam Latihan PuncakTNI AL Armada Jaya 2021

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:30 WIB

Prajurit Korps Marinir Siap Dalam Latihan PuncakTNI AL Armada Jaya 2021

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, di wakili Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigadir Jenderal TNI Mar Endi Supardi, S.E.,M.M.,M.Tr.Opsla.,CHRMP.…

Prajurit Marinir Kakaktua Raja Sakti Pasmar 3 Sorong Papua

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:15 WIB

Prajurit Marinir Kakaktua Raja Sakti Pasmar 3 Sorong Laksanakan Hanmars

Dalam rangka Latihan Perorangan Dasar (LPD) Triwulan IV tahun 2021, Prajurit "Kakatua Raja Sakti" Resimen Kavaleri 3 Marinir (Menkav 3 Mar) Pasmar 3 menggelar latihan Ketahanan Mars (Hanmars)…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:00 WIB

Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Wakil Ketua DPD RI dan Wamenkumham

Bukannya tanpa alasan, pejabat tinggi negara tersebut diundang Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia untuk membahas aksi-aksi penguatan Bakamla RI, khususnya dalam sudut pandang hukum dan regulasi organisasi.

Pangkogabwilhan I Terima Kunjungan Kerja INAMPA di Makogabwilhan

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 04:30 WIB

Pangkogabwilhan I Terima Kunjungan Kerja INAMPA di Makogabwilhan I

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla menerima kunjungan kerja dari Indonesian Maritime Pilots Association (INAMPA) Pasoroan Herman Harianja beserta rombongan,…