6 Rahasia Jualan di Marketplace Biar Makin Cuan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 20 September 2021 - 18:25 WIB

Ilustrasi Marketplace (Ist)
Ilustrasi Marketplace (Ist)

INDUSTRY.co.id - Bertahan di tengah pandemi dengan segala keterbatasannya tentunya tidak mudah, namun berkat adanya internet dan pemanfaatan teknologi semua menjadi mungkin. 

Termasuk untuk para pemilik UMKM yang selama pandemi ini mesti beralih jualan di marketplace atau memiliki toko online. Tentunya sebagai sesuatu yang baru, menjalankan bisnis di marketplace perlu trik tersendiri, terutama bagi pemula yang ingin memanfaatkan sarana digital. 

"Rahasia digital yang penting adalah banyak traffic atau banyak yang lihat dan tahu kita lalu berminat membeli," ujar Henry V. Herlambang CMO Kadobox saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers Industry.co.id.

Dia pun memberikan beberapa trik agar para pemula bisnis UMKM bisa berhasil cuan di marketplace, antara lain:

1.Gunakan foto produk yang baik. Dari segi pemilihan angle foto hingga kualitas resolusi foto produk harus baik sehingga pembeli dapat dengan jelas melihat produknya. Anda pun bisa menggunakan jasa foto produk yang terjangkau namun memiliki hasil bagus.

2.Deskripsi produk yang lengkap dan menarik merupakan salah satu kunci. Berikan keyword produk yang tepat sesuai dengan mesin pemcarian Google dan deskripsi terkait produk lengkap sehingga calon pembeli bisa mengetahui informasi produk dengan jelas. 

3.Berikan keunggulan atau kelebihan dari produk lainnya yang sejenis sehingga pembeli menjadi tertarik. 

4.Meminta teman dan kenalan untuk berkunjung ke toko kita di marketplace, berikan link dan minta mereka memberi ulasan.

5.Gunakan media sosial untuk mempromosikan produk, dari sini maka bisnis akan bertumbuh dengan banyak customer baru dan pembelian berulang. 

6.Gunakan alat pembayaran elektronik untuk mempermudah, namun sertakan juga pilihan COD (cash on deivery) karena ada potensi bagi masyarakat untuk jenis pembayaran lainnya. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Iman Darmawan seorang Fasilitator Public Speaking, Ari Budi Wibowo Kepala Bidang Kemitraan Siberkreasi, dan Nandya Satyaguna seorang Medical Doctor. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:00 WIB

KemenKopUKM Raih Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Kementerian Koperasi dan UKM berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 untuk klasifikasi Badan Publik Informatif dengan kategori penilaian tertinggi.

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Ketua Umum PII Heru Dewanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:30 WIB

Persatuan Insinyur Indonesia Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara peresmian pabrik gula PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Bombana, Sulawesi Tenggara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur Sukses Jadi Penopang Utama Ekonomi RI

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Joko Widodo tetap memainkan peranan penting…