Bunda, Ini 3 Cara Melindungi Anak di Ruang Digital Agar Lebih Aman

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 20 September 2021 - 17:45 WIB

Ilustrasi anak sibuk main gadget.(Freepik)
Ilustrasi anak sibuk main gadget.(Freepik)

INDUSTRY.co.id - Internet sudah menjadi bagian dari keseharian setiap orang, terlebih setelah pandemi. Anak-anak yang seelumnya hampir tidak mengenal gawai sebelum usia cukup kini menggunakannya untuk sekolah daring. Sementara bahaya internet mengancam sebagai generasi penerus, orangtua perlu melindungi anak di ruang digital.

"Ada tiga motivasi anak dan remaja untuk mengakses internet, yaitu mencari informasi, terhubung dengan teman lama maupun baru, dan sebagai sarana hiburan," kata Firman RNI, Guru BK SMA I Majalengka, Direktur Biro Konseling Edupotensia saat menjadi nara sumber di webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih lanjut dia mengatakan motivasi konsumsi internet untuk hiburan ini yang berpotensi untuk menurunkan kepribadian dan mental yang negatif pada anak, sehingga perlu adanya dasar pemahaman dari orangtua. 

Permasalahan yang menjadi dampak buruk internet bagi anak secara umum yaitu ancaman paparan pornografi, perilaku bullying, dan kecanduan game online. Namun saat anak bisa memilih mana yang memberi dampak positif, tentunya semua kekhawatiran tersebut tidak akan terjadi. 

Lalu bagaimana cara agar anak memiliki pondasi yang kuat dalam memilah konten positif di internet? Beberapa solusi yang bisa para orangtua pilih adalah menjalin komunikasi yang harmonis dengan anak. Selanjutnya berikan batas waktu penggunaan gawai pada anak, cara ini dilakukan untuk menghindari kecanduan. 

"Sesuaikan batas waktu penggunaan gawai per hari pada anak sesuai usianya. Ketiga cara untuk melindungi anak adalah membangun komitmen, membuat aturan yang disepakati bersama terkait penggunaan gawai anak dan orangtua," tukasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narsumber lainnya yaitu Klemes Rahardja, Founder The Enterpreneur Society, Diding B, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Majalengka, dan Asri Julaeha, Founder Rilion Education Center. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:00 WIB

KemenKopUKM Raih Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Kementerian Koperasi dan UKM berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 untuk klasifikasi Badan Publik Informatif dengan kategori penilaian tertinggi.

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Ketua Umum PII Heru Dewanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:30 WIB

Persatuan Insinyur Indonesia Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara peresmian pabrik gula PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Bombana, Sulawesi Tenggara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur Sukses Jadi Penopang Utama Ekonomi RI

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Joko Widodo tetap memainkan peranan penting…