Manfaat Accounting Software Bagi Bisnis Anda

Oleh : Hariyanto | Kamis, 16 September 2021 - 14:06 WIB

Ilustrasi Accounting Software
Ilustrasi Accounting Software

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini, perkembangan dunia digital semakin pesat dan memiliki banyak aspek dalam kehidupan. Tak terkecuali dalam dunia ekonomi dan bisnis. Akuntansi online adalah aplikasi teknologi internet untuk mengelola buku Anda secara online dan menggunakan alat akuntansi yang tepat.

Secara tradisional akuntansi manual dan berbasis kertas digunakan untuk tujuan pembukuan dan akuntansi lalu kemudian muncul aplikasi desktop yang terkomputerisasi.
Namun saat ini internet memainkan peran besar dalam mengangkat akuntansi ke platform elektronik. 
Laporan akuntansi adalah sebuah proses pencatatan transaksi keuangan yang berkaitan dengan usaha atau bisnis. Namun mengelola akun ini secara online membutuhkan sistem akuntansi yang komprehensif di cloud. 
Akuntansi berbasis web menghilangkan kebutuhan untuk instalasi, upgrade, pertukaran file data, backup, dan pemulihan data. Namun memiliki satu tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas akuntansi serta memfasilitasi jalannya bisnis dengan lancar.
Apa itu Accounting Software ?
Proses akuntansi dengan bantuan alat dan perangkat lunak berbasis internet disebut sebagai accounting software. Namun, istilah akuntansi online digunakan untuk merujuk pada akuntansi berbasis web, akuntansi cloud, dan Akuntansi online. Dan ini digunakan secara bergantian.
Manfaat Accounting Software yaitu membantu bisnis, perusahaan, startup, dan pengusaha untuk dengan mudah mengakses sistem akuntansi mereka di browser web atau melalui aplikasi seluler.
Jadi itu menggantikan software akuntansi tradisional seperti spreadsheet, akuntansi manual, dan bahkan sistem akuntansi berbasis desktop, dos, dan windows yang berdiri sendiri.
Ini berarti mengalihkan proses akuntansi Anda yang ada ke cloud.
Accounting Software memfasilitasi proses pengambilan keputusan instan dalam bisnis Anda karena Anda dapat memperoleh akses ke sumber daya Anda kapan saja di mana saja dan di mana saja.
Sebagian besar usaha kecil berpikir bahwa berpindah secara online adalah biaya tambahan karena melibatkan layanan internet. Anda tidak dapat tumbuh tanpa teknologi karena itu adalah satu-satunya pilihan hari ini yang membuat hidup kita lebih baik dan lebih mudah.
Jadi internet sama sekali tidak menjadi masalah, masalahnya adalah sebagian besar pengambil keputusan bisnis enggan mengubah proses akuntansi online yang ada.
Fitur Accounting Software
Accounting Software praktis berkaitan dengan sistem akuntansi, perangkat lunak, dan layanan online dan internet adalah satu-satunya media untuk mengakses sistem tersebut.
Berikut ini adalah beberapa manfaat sistem Accounting Software berbasis cloud :
1. Akuntansi Online Real-time
Adanya accounting software dalam sejarah bisnis real-time menjadi sesuatu yang membuat akuntansi berbasis web paling menguntungkan bahkan untuk pemilik usaha kecil. Jadi pertimbangkan ketika bisnis Anda besar, apakah Anda punya cukup waktu untuk mengejar akuntan atau pemegang buku Anda untuk mengirim email laporan yang Anda butuhkan ?.
Pasti Anda akan selalu ingin tahu apa yang terjadi di dalam bisnis mereka saat ini?
Apa saham yang mereka miliki? Bagaimana posisi keuangan perusahaan mereka saat ini? Bagaimana kinerja masing-masing cabang dan perusahaan dengan arus kas?
Anda mendapatkan semua informasi ini diperbarui di perangkat seluler Anda secara real-time. Jadi tidak masalah apakah Anda berada di kantor atau di rumah atau bepergian.
Dengan bantuan accounting software maka Anda bisa mendapatkan akses ke semua data keuangan ini bukanlah masalah besar saat ini. Dengan demikian, sistem waktu real memberi Anda keputusan yang lebih tepat. Sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan cepat yang membutuhkan sebagian besar perhatian Anda.
2. Data & Kolaborasi Terpusat
Dengan menggunakan accounting software maka data terpusat atau data disimpan hanya di satu lokasi saja. Sehingga kemudian sentralisasi data menghasilkan pelaporan yang lebih penting dan secara otomatis memastikan bahwa data yang sama tersedia juga di semua organisasi, cabang, dan perusahaan Anda.
Selain itu Accounting software mampu meningkatkan data bisnis terpusat serta dapat menyediakan analitik di seluruh dasbor untuk admin di beberapa perusahaan hanya dengan satu login.
Kemudian pengguna mendapatkan akses login hanya untuk melihat apa yang mereka butuhkan lalu seluruh proses secara otomatis dicadangkan dan ditingkatkan di dalam sistem terintegrasi. 
Selanjutnya jika Anda memiliki data yang tersebar di beberapa lokasi, Anda harus membuat berbagai laporan. Kapan pun itu laporan harus dikirim, akan sulit untuk melihat "gambaran yang lebih besar."
Akuntansi online memfasilitasi kolaborasi dengan banyak pengguna dan di berbagai cabang dan lokasi dan dapat memberikan akses resmi ke data yang disimpan kapan saja.
Dan membatasi pengguna untuk melihat data satu sama lain yang merupakan cara yang lebih baik untuk berbagi data dengan aman dan lancar. Inilah kekuatan kolaborasi.
3. Akuntansi Online Perbankan Sederhana
Sebagian besar sistem Accounting Software seperti Jurnal by Mekari menyediakan integrasi perbankan secara real-time. Artinya, transaksi perbankan seperti setoran dan kwitansi yang dilakukan baik melalui NEFT/ RTGS/ IMPS maupun Tunai adalah sah. diambil secara otomatis di sistem Anda.
Jadi, setelah Anda mengatur dan mengintegrasikan aturan perbankan Anda dalam sistem, maka software secara otomatis mengambil transaksi dari data bank sesuai permintaan pengguna.
Accounting Software dapat menghapus kebutuhan untuk entri voucher akuntansi manual yang terkait dengan pembayaran, penerimaan, dan setoran bank, sehingga Anda dapat mencocokkan pembayaran atau penerimaan yang terjadi di bisnis Anda untuk mendapatkan otoritas atas data keuangan Anda kapan saja.
4. Akuntansi Online dengan Inbuilt Inventory
Hampir setiap sistem accounting software menyediakan inventaris bawaan yang bisa mengelola stok Anda secara otomatis selama terjadi transaksi pembelian dan penjualan.
Jadi ini adalah bagaimana accounting software dapat menghitung penilaian saham penutupan yang sebenarnya. Oleh karena itu Anda dapat menikmati fungsionalitas pelacakan inventaris yang kuat dalam perangkat lunak akuntansi Anda secara online.
Dengan accounting software otomatis Anda dapat memasukkan inventaris Anda seperti membuka stok, memasukkan inventaris pembelian, dan membuat inventaris penjualan sesuai data yang ada.
Jadi setiap kali terjadi transaksi seperti pembelian, transfer stok, pengiriman, atau penjualan persediaan secara otomatis dikelola secara real-time di setiap lokasi stok tersimpan.
Sehingga Anda dengan mudah bisa melakukan transaksi dengan cepat sesuai dengan persediaan sekaligus mengetahui jumlah stok yang ada. Oleh karena itu Anda bisa mendapatkan manfaat langsung dari stok yang ada. 
Secara otomatis accounting software mampu melayani berbagai kebutuhan bisnis yang berbeda, mulai dari manufaktur hingga perdagangan, e-commerce hingga ritel, dan industri jasa.
5. Peningkatan Konsistensi & Fokus
Konsistensi adalah kunci untuk mendorong tujuan bisnis Anda. E-accounting meningkatkan konsistensi dalam bisnis Anda dengan dapat memanfaatkan data dan wawasan yang tersedia secara real-time dalam satu aplikasi.
Sehingga pemilik bisnis dapat membuat keputusan terbaik berdasarkan data dan analitik terkini dan terinformasi yang lebih transparan serta akurat.
Setiap pengguna software accounting dapat lebih fokus untuk mencapai tujuan bisnis mereka dengan meningkatkan pengalaman pelanggan daripada menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengatur data.
Bahkan setiap pengguna dapat bekerja dari rumah, luar negeri, atau di lokasi yang berbeda, serta kantor cabang bisa share data yang sama secara bersamaan dengan setiap pengguna naun tetap mengikuti aturan yang sudah ditentukan sebelumnya.
Selain itu konsepnya Anda dapat membatasi IP untuk pengguna hanya berdasarkan lokasi tertentu saja di mana mereka dapat mengakses sistem yang diizinkan pusat data.
7. Pencadangan Terkelola Accounting Software 
Setiap bisnis tentunya ingin menyimpan cadangan data akuntansi mereka, karena ini adalah salah satu informasi berharga untuk bisnis yang dikumpulkan selama periode waktu tertentu di cloud.
Sehingga hal ini perlu menjadi perhatian bagi pelaku bisnis yang belum mengetahui konsep accounting software berbasis cloud.
Berbeda halnya dengan sistem manual, Anda akan dapat menemukan bahwa sistem akuntansi ini menawarkan beberapa jenis cadangan dalam bentuk unduhan. Namun, unduhan ini tersedia dalam bentuk spreadsheet excel atau PDF.
Namun untuk sebagian besar akuntansi berbasis web, Anda bahkan tidak akan menemukan opsi untuk membuat cadangan file akuntansi Anda. Karena sistem akuntansi berbasis cloud menghilangkan kebutuhan akan backup.
Meskipun Pencadangan diperlukan untuk Anda, Anda tidak perlu khawatir tentang pencadangan apapun karena pemulihan dan pemeliharaan pencadangan data Anda semuanya diurus oleh vendor perangkat lunak. Jadi Anda tidak perlu mencadangkan file Anda lagi dan hanya fokus pada bisnis Anda saja.
 8. Terhubung dengan Aplikasi Pihak Ketiga secara online
Sebagian besar platform akuntansi online menyediakan program mitra pengembang untuk mengembangkan aplikasi mereka sendiri.
Jadi pengembang ini menyediakan aplikasi khusus di pasar untuk mengintegrasikan software pihak ketiga untuk melakukan tugas tertentu.
Dengan platform accounting software, Anda dapat terhubung ke aplikasi Jurnal untuk mengelola semua kebutuhan laporan akuntansi Anda.
Sehingga sebagian besar sistem akuntansi berbasis web dapat terhubung dan disinkronkan dengan aplikasi bisnis populer.
9. Akses Accounting Software Kapan Saja Di Mana Saja
Akuntansi online memungkinkan koneksi ke aplikasi seluler di platform populer seperti iOS dan Android. Jadi, Anda dapat tetap terhubung dengan keuangan Anda setiap saat di cloud.
Sebagian besar aplikasi akuntansi digunakan untuk melihat laporan bisnis cerdas, KPI, dan dashboard real-time, membuat persetujuan, dan menetapkan tugas kepada pengguna.
Dengan demikian Anda dapat menggunakan akuntansi dari mana saja.
Dan Anda tidak perlu menunggu seseorang untuk memberikan laporan yang Anda butuhkan atau pergi ke kantor untuk membuat persetujuan.
Accounting Software Jurnal untuk otomatisasi proses keuangan
Jurnal by Mekari adalah Accounting Software yang terintegrasi dan hasil produk Indonesia yang memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi proses bisnis Anda, akan selalu memantau kinerja bisnis Anda, dan tetap terhubung dengan bisnis Anda kapan saja, dimana saja.
1. Dashboard bisnis sederhana ;Ikhtisar bisnis & kinerja real-time, ringkas, dan cepat di berbagai perangkat.
2. Proses akuntansi lebih cepat ;Proses pembukuan otomatis dengan fitur approval & tag transaksi.
3. Manajemen produk yang kuat ; Konversi bahan baku, biaya produksi, & pembaruan stok otomatis.
4. Sepenuhnya terintegrasi dalam satu Aplikasi ; Lebih mudah, cepat, & terintegrasi dengan berbagai alat bisnis, bank, sistem pajak, POS, & penggajian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…