Hoax Makin Meresahkan, Pentingnya Saring Dulu Sebelum Sebarkan

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 September 2021 - 19:10 WIB

Ilustrasi Hoax (Ist)
Ilustrasi Hoax (Ist)

INDUSTRY.co.id - Hoax memberi dampak besar hingga bisa memicu kepanikan di masyarakat karena sejenak percaya dengan berita bohong yang tersebar. Di masa pandemi yang diketahui banyak sekali beredar berita palsu mengenai isu kesehatan pun berdampak besar pada upaya pemerintah menanggulangi Covid-19. 

"Akhirnya kita ada yang menyepelekan Covid, nggak pakai masker abai protokol kesehatan, tidak mau vaksinasi, yang akhirnya mengancam keselamatan diri, keluarga serta lingkungan," kata Ari Budi Wibowo, Kepala Bidang Kemitraan Siberkreasi saat webinar Literasi Digital wilayah Jabar I Kabupaten Majalengka, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, rata-rata tiga sampai empat hoax baru tentang Covid-19 muncul setiap hari, sejak awal pandemi. Semua platform media sosial saat ini sudah terpapar dengan hoax, bahkan TikTok yang baru saja pun juga sudah ada. Platform Facebook diketahui menjadi media sosial tempat penyebaran hoaks yang paling besar, inilah yang mesti diwaspadai bersama. 

Dengan fakta ini, media sosial pun dapat dikatakan masih menjadi sumber utama untuk mendapatkan informasi. Sekarang ini media online menjadi sumber utama untuk mencari berita, yakni sebesar 89 persen. 

Sementara media sosial 64 persen, diikuti televisi sebesar 58 persen, dan media cetak 20 persen. Media sosial yang menjadi sumber berita di antaranya WhatsApp sebanyak 60 persen, YouTube 46 persen, diikuti Facebook 42 persen dan Instagram 38 persen. Konsumsi media sosial pun sudah dimulai sejak seseorang bangun tidur, sarapan, berangkat kerja dan menjelang tidur. 

"Kita saring-saring dulu deh sebelum sebar kemudian dan pastikan setiap ingin mengunggah informasi untuk tahu bahwa itu benar, baik, dan bermanfaat," kata Ari. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Andry Hamida, Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Syarief Hidayatulloh, Digital Strategist Hello Monday Morning dan Diena Haryana, Founder SEJIWA. 

 Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Rabu, 22 September 2021 - 14:30 WIB

Bikin Konsumen Bahagia, Menperin Agus Bakal Tingkatkan Kualitas Standar Produk Industri Nasional

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberi dukungan kepada sektor industri agar dapat mengoptimalkan manajemen daya saingnya melalui peningkatan kualitas.

CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa.

Rabu, 22 September 2021 - 14:30 WIB

Menjadi UKM Lean, Agile, dan Kreatif dengan Memanfaatkan Stay-at-Home Economy di Program Aksilerasi III

Berdasarkan data yang terbitkan Kemenkop UMK Republik Indonesia April 2021 lalu, ada lebih dari 64 juta UKM di Indonesia, yang berkontribusi 14% terhadap total ekspor non migas, 60% total investasi,…

Presiden Jokowi dan CEO Krakatau International Port (KIP), Akbar

Rabu, 22 September 2021 - 14:10 WIB

Pabrik Hot Strip Mill 2 Krakatau Steel Resmi Berdiri, CEO Krakatau International Port Optimis Industri Logam Nasional Dapat Terus Berjaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian pabrik pengolahan hot strip mill (HSM) 2 milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten, Selasa (21/9/2021). Pabrik yang dibangun…

Ilustrasi SPKLU

Rabu, 22 September 2021 - 13:33 WIB

Ini Tiga Skema Bisnis Infratruktur Pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatur tiga skema bisnis perizinan berusaha untuk Infrastruktur Pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).…

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Rabu, 22 September 2021 - 13:15 WIB

Luar Biasa! Menteri Bahlil Rayu Pengusaha Eropa Bawa Duit Triliunan Rupiah Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengundang investor Eropa untuk ikut menanamkan modal di Indonesia dan membangun industri baterai kendaraan…