Perubahan Pola Pikir, Kesiapan Masyarakat dalam Menghadapi Transformasi DigitalĀ 

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 September 2021 - 18:45 WIB

Ilustrasi Era Digitalisasi
Ilustrasi Era Digitalisasi

INDUSTRY.co.id - Transformasi digital adalah bagian dari proses teknologi yang lebih besar. Transformasi digital juga merupakan perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan dalam masyarakat. 

"Mindset kita untuk sebuah perubahan harus kita terus latih. Karena polanya kini semua menuju ke arah digitalisasi," kata Golda Siregar, Senior Consultant at Power Character saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Transformasi digital telah memberi dampak pada interaksi sosial, apalagi semenjak pandemi segala sesuatunya dikerjakan dari rumah. Namun di satu sisi setiap individu tetap harus memiliki hubungan karena manusia merupakan makhluk sosial.

Sehingga meski di rumah, tetap ada interaksi tapi polanya memang berbeda. Dari sikap yang ditunjukkan saat berinteraksi tatap muka pun sebanyak 5 persen menunjukan personaliti seseorang, sisahnya 95 persen yaitu karakter dan tempramen tidak begitu ditunjukan. 

Nah, terkait dengan transformasi digital hal ini berkaitan saat individu berinteraksi sosial melalui media sosial. Setiap orang pun akhirnya harus menyadari di balik media sosial sebenarnya yang dihadapi tetaplah manusia. 

"Yang bisa terluka kalau kita hina di media sosial, yang kita dicuekin kalau di ghosting, atau nggak saat baca hoax bisa kepikiran ini juga yang perlu diketahui bahwa interaksi sosial juga mengalami transformasi," jelasnya.

Transformasi digital lainnya yang dihadapi masyarakat saat ini yaitu terkait proses dalam bekerja dan usaha. Para pekerja yang bekerja kini harus memakai masker saat aktifitas di kantor dan menjaga jarak. Selain itu untuk pekerja yang WFH harus menyesuaikan keadaan dengan kondisi rumah. Sementara para pemilik bisnis yang tadinya membuka toko kini beralih ke sistem online. 

"Penting banget harus kreatif, bukan hanya kreatif saja namun juga inovatif melakukan lagi perkembangan berkesinambungan. Sangat diperlukan mindset harus berubah, bukan hanya semuanya harus digitalisasi tapi juga secara personal budaya yang harus dibangun," tutur Golda. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir juga narasumber lainnya seperti Sandy Natalia, Co-Founder of Beauty Cabin, Fibra Trias, Editor in Chief Mommies Daily, dan Mardiana R.L, Vice Principal in Kinderhouse Pre-School. 

 Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Rabu, 22 September 2021 - 14:30 WIB

Bikin Konsumen Bahagia, Menperin Agus Bakal Tingkatkan Kualitas Standar Produk Industri Nasional

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberi dukungan kepada sektor industri agar dapat mengoptimalkan manajemen daya saingnya melalui peningkatan kualitas.

CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa.

Rabu, 22 September 2021 - 14:30 WIB

Menjadi UKM Lean, Agile, dan Kreatif dengan Memanfaatkan Stay-at-Home Economy di Program Aksilerasi III

Berdasarkan data yang terbitkan Kemenkop UMK Republik Indonesia April 2021 lalu, ada lebih dari 64 juta UKM di Indonesia, yang berkontribusi 14% terhadap total ekspor non migas, 60% total investasi,…

Presiden Jokowi dan CEO Krakatau International Port (KIP), Akbar

Rabu, 22 September 2021 - 14:10 WIB

Pabrik Hot Strip Mill 2 Krakatau Steel Resmi Berdiri, CEO Krakatau International Port Optimis Industri Logam Nasional Dapat Terus Berjaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian pabrik pengolahan hot strip mill (HSM) 2 milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten, Selasa (21/9/2021). Pabrik yang dibangun…

Ilustrasi SPKLU

Rabu, 22 September 2021 - 13:33 WIB

Ini Tiga Skema Bisnis Infratruktur Pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatur tiga skema bisnis perizinan berusaha untuk Infrastruktur Pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).…

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Rabu, 22 September 2021 - 13:15 WIB

Luar Biasa! Menteri Bahlil Rayu Pengusaha Eropa Bawa Duit Triliunan Rupiah Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengundang investor Eropa untuk ikut menanamkan modal di Indonesia dan membangun industri baterai kendaraan…