Marciano Norman: Adu Prestasi Anak Bangsa, PON XX Papua Siap Digelar

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 14 September 2021 - 07:39 WIB

diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang bertema" Bangun Nasionalisme dan Kebersamaan" di Jakarta, Senin (13/9/2021).
diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang bertema" Bangun Nasionalisme dan Kebersamaan" di Jakarta, Senin (13/9/2021).

INDUSTRY.co.id, Jakarta, FMB9 – Ketua Umum KONI Marciano Norman menegaskan penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua, 95 % telah siap. Begitu pula aspek pendukung lainnya, seperti keamanan, kesehatan hingga akomodasi.

“Baik kesiapan venuenya, peralatan yang akan digunakan, kesiapan kontingen yang akan berangkat, maupun kesiapan Panitia Besar PON XX Papua yang mengatur, telah siap,” katanya dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang bertema" Bangun Nasionalisme dan Kebersamaan" di Jakarta, Senin (13/9/2021).

Disamping segi penyelenggaraan, masyarakat Papua pun dikatakan Marciano telah siap menyambut dan menyukseskan perhelatan olahraga terbesar di tanah air tersebut. Kesiapan ini khususnya dari sisi kesehatan. Program vaksinasi terus digencarkan dan masyarakat antusias mengikuti dan menyelesaikan tahapan-tahapan vaksinasi.

“Persiapan masyarakat untuk bisa menjadi tuan rumah yang baik sangat optimal. Dalam arti dari sisi kesehatan mereka juga dioptimalkan vaksinasinya,” katanya.

Kementerian kesehatan bersama TNI dan Kepolisian RI (Polri) dan semua pemangku kepentingan dikatakan Marciano terus mengoptimalkan program vaksinasi bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar venue.

“Hal ini tentu akan memberikan rasa aman, kepada kontingen-kontingen dari luar yang akan datang dan bertanding,” ujar Marciano.
Hal ini menjadikan Marciano optimis pada saat pertandingan pertama dimulai tanggal 22 September 2021, kemudia dilanjutkan upacara pembukaan 2 oktober 2021, hingga penutupanpada 15 oktober 2021, berjalan lancer dan dalam kondisi terbaik.

 “PON Papua ini menjadi kebanggaan semua, menjadikan kbangkitan dari pandemik. Dan di PON ini juga menunjukkan bahwa kita bisa bersatu,” katanya.
Pada kesempatan tersebut Marcianopun menegaskan bahwa tak perlu diragukan lagi rasa nasionallisme yang akan muncul dan bergelora saat PON XX Papua nanti. Berbicara olahraga, katanya, itu hanya akan membicarakan merah putih. “Olahraga itu adalah pemersatu bangsa. Hal ini akan ditunjukkan di PON XX Papua ini,” tegasnya.

33 kontinen dari 33 porvinsi di seluruh Indonesia akan datang ke Papua untuk bersama dengan saudara-saudara atlet Papua mengikuti dan berkompetisi diperhelatan akbar olahraga.

Para atlet yang bersaingpun ditegaskan Marciano adalah mereka yang terbaik karena telah melalui berbagai seleksi ketat dan standar prestasi yg telah ditetapkan. Jadi bisa dianggap PON XX ini adalah ajang adu hebat berbagai daerah namun dalam balutan Negara Kesatuan RI (NKRI).

“Pentingnya PON ini karena disinlah kita melihat bagaimana tiap daerah melakukan pembinaan olahraga di wilayah masing-masing,” katanya.
Hasil dari PON XX Papua juga dikatakan Marciano salah satu arena saringan untuk kepentingan prestasi yang lebih besar lagi di tingkat dunia, yaitu Olimpiade Paris 2024.

Sedikit menyinggung kemanan penyelenggaraan, Marciano mengatakan meski dinamis namun hal tersebut dalam kondisi baik dan terkendali. Dukungan maksimal pengamanan dijamin internal dari Kepolisian RI dan Kodam setempat.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Rabu, 22 September 2021 - 14:30 WIB

Bikin Konsumen Bahagia, Menperin Agus Bakal Tingkatkan Kualitas Standar Produk Industri Nasional

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberi dukungan kepada sektor industri agar dapat mengoptimalkan manajemen daya saingnya melalui peningkatan kualitas.

CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa.

Rabu, 22 September 2021 - 14:30 WIB

Menjadi UKM Lean, Agile, dan Kreatif dengan Memanfaatkan Stay-at-Home Economy di Program Aksilerasi III

Berdasarkan data yang terbitkan Kemenkop UMK Republik Indonesia April 2021 lalu, ada lebih dari 64 juta UKM di Indonesia, yang berkontribusi 14% terhadap total ekspor non migas, 60% total investasi,…

Presiden Jokowi dan CEO Krakatau International Port (KIP), Akbar

Rabu, 22 September 2021 - 14:10 WIB

Pabrik Hot Strip Mill 2 Krakatau Steel Resmi Berdiri, CEO Krakatau International Port Optimis Industri Logam Nasional Dapat Terus Berjaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian pabrik pengolahan hot strip mill (HSM) 2 milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten, Selasa (21/9/2021). Pabrik yang dibangun…

Internet (Ist)

Rabu, 22 September 2021 - 14:10 WIB

9 Tips Etika saat Berinteraksi di Ruang Digital

Internet sangat membantu kebutuhan manusia dalam berkomunikasi dan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

Ilustrasi SPKLU

Rabu, 22 September 2021 - 13:33 WIB

Ini Tiga Skema Bisnis Infratruktur Pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatur tiga skema bisnis perizinan berusaha untuk Infrastruktur Pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).…