Tim Asisten Wapres RI Jajaki Kerja Sama dengan GeTI Incubator, Dorong Produk Halal ke Pasar Global

Oleh : Hariyanto | Senin, 06 September 2021 - 18:01 WIB

Tim Asisten Wapres RI Jajaki Kerja Sama dengan GeTI Incubator, Dorong Produk Halal ke Pasar Global
Tim Asisten Wapres RI Jajaki Kerja Sama dengan GeTI Incubator, Dorong Produk Halal ke Pasar Global

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Rombongan asisten Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), Ma'ruf Amin, menyambangi kantor pusat Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) GeTI Incubator di Great Western Resort, Kota Tangerang, Banten, dalam rangka kunjungan kemitraan dan pembahasan kerja sama mengenai pelatihan ekspor dalam keseriusan membawa produk halal menembus pasar global, Selasa (31/8/2021).

Kunjungan ini meneruskan komitmen Wapres RI untuk memastikan akan tetap gencar dalam mendorong kemajuan produk halal melalui tiga arahan strategis: industri produk halal terintegrasi, pembenahan pencatatan perdagangan produk halal, dan sertifikasi produk halal agar berterima di pasar global.

Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi dan Keuangan, Dhika Yudhistira, menambahkan bahwa momentum kunjungan ini juga harus digunakan untuk membangkitkan semangat gotong royong, membangun Indonesia melalui UKM/IKM dengan pengembangan industri halal dan ekonomi syariah.

"Kami tertarik untuk bekerja sama dengan ExportHub.id khususnya melalui LPK GeTI yang di dalamnya akan lebih mengarah pada pelatihan ekspor untuk produk halal yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Pada kunjungan kemitraan tersebut, tim asisten Wapres RI juga didampingi oleh perwakilan dari Asosiasi Platform Digital Ekspor Indonesia (APDEI), sebuah wadah kolektif yang dibentuk sebagai ikhtiar untuk mendorong ekspor secara lebih masif dengan pemanfaatan teknologi digital.

Sebagai gambaran, menurut laporan The State of Global Islamic Economy Report, potensi pasar halal dunia diprediksi akan mencapai USD3,2 triliun pada 2024. Ceruk pun makin lebar dengan proyeksi penduduk muslim sebanyak 2,2 miliar jiwa pada beberapa tahun ke depan.

LPK GeTI Incubator, bagian dari ekosistem ekspor ExportHub.id, yang juga ditunjuk oleh APDEI untuk melaksanakan Bidang Pelatihan dan Pembinaan, menyatakan kesiapannya untuk menyelenggarakan pelatihan ekspor untuk menunjang terwujudnya tujuan ini.

“Indonesia membutuhkan banyak sumber daya manusia (SDM) yang memahami global e-commerce untuk mendorong ekspor, khususnya melalui platform digital,” ujar Kepala LPK GeTI Incubator, Amalia Prabowo.

LPK GeTI Incubator juga telah resmi memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP-P) dengan lima skema program tersertifikasi BNSP, yaitu Store Operator Program, Digital Marketing Program, Digital Creative Program, Global Entrepreneur Program, dan Logistics Program.

LSP-P1 LPK GeTI Incubator baru-baru ini telah menjalani proses full assessment dan witness sebagai persyaratan untuk mendapatkan lisensi BNSP dalam menggelar sertifikasi kompetensi bagi peserta pelatihan, yakni pada Minggu, 29 Agustus 2021.

Meraih predikat excellent, LSP-P1 LPK GeTI Incubator pun makin percaya diri dalam mengukuhkan diri sebagai inkubator pertama di Indonesia yang menargetkan 3 juta SDM nasional menjadi global e-commerce expert berkompetensi untuk menjawab kebutuhan industri, terutama di ranah ekspor produk usaha lokal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Jumat, 03 Mei 2024 - 17:35 WIB

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Visa, pemimpin global dalam pembayaran digital, melakukan survei terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia . Temuan menunjukkan bahwa 54% UKM yang dipimpin oleh perempuan dan 48%…

Reboisasi lahan kritis merupakan upaya Telkom dalam pencegahan terjadinya erosi tanah

Jumat, 03 Mei 2024 - 16:48 WIB

Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis melalui Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan tidak seimbangnya penebangan pohon dengan penanaman…