Sudah dibuka Untuk Pengunjung, Ini Syarat Masuk ke Taman Nasional Kelimutu

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 06 September 2021 - 14:00 WIB

Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)
Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu, Hendrikus Rani Siga dalam surat yang ditandatangani pada 3 September 2021 menyatakan bahwa Taman Nasional Kelimutu dibuka kembali bagi wisatawan mulai 4 September 2021. Pengumuman resmi tersebut disampaikan pengelola taman tersebut lewat akun media sosialnya.

"Berdasarkan surat rekomendasi dari Satgas Covid-19 Kabupaten Ende dan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 37 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, level 2, dan Level 1, serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 yang menyebutkan bahwa Kabupaten Ende turun level menjadi level 3. Maka kami sampaikan bahwa kunjungan wisata ke Taman Nasional Kelimutu DIBUKA pada tanggal 4 September 2021," tulis pernyataan tersebut melalui akun media sosialnya.

Pembukaan tersebut tentu saja menyiapkan beberapa aturan Covid-19, yakni dengan melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat.

Taman Nasional Kelimutu membatasi pengunjung sesuai aturan yang berlaku PPKM Level 3 yakni hanya menerima 50 persen pengunjung. Kemudian, wajib booking online tiket masuk ke dalam kawasan TN Kelimutu. Selanjutnya, tetap memperhatikan pengamanan dan kebersihan di kawasan TN Kelimutu.

Sementara, untuk ketentuan booking online, Pertama, daftarkan diri ke nomor whatsapp yang tertera di Instagram @btn_kelimutu. Lalu, isi form pendaftaran dengan lengkap dan jelas. 

Kedua, booking online hanya dapat mendaftarkan lima orang dalam satu rombongan. Lalu, pendaftaran hanya dilakukan pada jam kerja pukul 07.30 sampai 17.00 setiap harinya.

Lalu yang keempat, booking online ini hanya dapat dilakukan minimal satu hari sebelum keberangkatan. Aturan yang kelima, form konfirmasi pengunjung wajib ditunjukkan ke loket bersama dengan identitas diri. Selanjutnya, jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan, selalu menggunakan masker, cuci tangan di tempat yang sudah disediakan, jaga jarak dengan pengunjung lain, dan jangan lupa menjaga kebersihan di kawasan TN Kelimutu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Puteri Indonesia 2022 Melanie Putria (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:30 WIB

Jangan Tergiur Promo! Ini Tips Pilih Klinik Kecantikan ala Melanie Putria

Perawatan kulit saat ini menjadi tren di kalangan wanita maupun pria. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat salah satu solusinya adalah melakukan perawatan ke klinik kecantikan.

Maulana Ardiansyah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:56 WIB

Maulana Ardiansyah Penyanyi Spesialis Trending Topik di YouTube, Siap Menghibur Pewarta Hiburan

Penyanyi banyak trending topik Maulana Ardiansyah, dan salah satunya single terbarunya, Dermaga Biru kini tengah trending menyatakan kesiapannya untuk hadir pada acara Launching MARS Forwan…

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:01 WIB

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), produk kopi Indonesia pada tahun 2021 mencapai lebih dari 774 ribu ton. Hal itu menjadikan…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putri Putri TNI Polri (FKPPI)/Kepala Badan Negara FKPPI Bambang Soesatyo

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:59 WIB

Stunting, Anak Putus Sekolah dan Endapan Dana Pemda

SIMPANAN dana pemerintah daerah (Pemda) di bank yang mencapai Rp 200,75 triliun itu untuk apa dan mau diendapkan sampai kapan? Pertanyaan ini layak dikedepankan, karena pembangunan nasional…

Ilustrasi Bandara

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:45 WIB

Bandara Internasional Batam Resmi Kelola Bandara Hang Nadim Batam

Jakarta-Pada hari Jum’at, 24 Juni 2022 telah dilaksanakan penandatanganan serah terima pengoperasian Bandara Internasional Hang Nadim dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan…