Pembangunan Sirkuit Balap di Ngawi Jatim Dibangun di Atas Lahan 30 Hektar

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 04 September 2021 - 17:00 WIB

Sirkuit Ngawi Jatim
Sirkuit Ngawi Jatim

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang juga Ketua Umum Ikatan motor Indonesia (IMI) mendukung rencana pembangunan Sirkuit Balap di Kabupaten Ngawi Jawa Timur, yang digagas Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono. Sirkuit dengan lintasan beraspal tersebut rencananya dibangun diatas lahan seluas 30 hektar, bisa digunakan untuk balap motor dan mobil sekaligus menjadi sport automotive tourism di Kabupaten Ngawi dan daerah sekitar lainnya.

"Terletak di paling barat provinsi Jawa Timur, menjadikan Kabupaten Ngawi sangat strategis, karena juga sangat mudah diakses melalui Surakarta, Jawa Tengah. Sehingga selain memajukan kegiatan balap di Ngawi dan berbagai daerah Jawa Timur, kehadiran Sirkuit Balap tersebut juga turut memajukan kegiatan balap di Surakarta dan daerah lainnya di Jawa Tengah," ujar Bamsoet usai menerima Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, di Jakarta, Jumat (3/9/21).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, industri balap Indonesia memiliki potensi sebagai salah satu sektor yang memberikan sumbangan terbesar bagi pendapatan asli daerah, sekaligus membantu pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19. Melalui berbagai event kejuaraan yang digelar di sirkuit, bisa memberikan multiplier effect economy dalam menggerakan berbagai sektor ekonomi rakyat. 

"Dari mulai UMKM yang menyiapkan souvenir dan kerajinan tangan, hingga hotel yang menyediakan penginapan. Sekaligus juga menjadi pendorong agar lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung dan menikmati berbagai keindahan alam Kabupaten Ngawi," jelas Bamsoet. 

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menambahkan, kegiatan industri balap Indonesia kedepannya akan semakin meriah. Terlihat dari banyaknya kepercayaan internasional terhadap Indonesia menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan balap bergengsi dunia. 

Antara lain, FIM  World Superbike Championship 2021 di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Kejuaraan Dunia Motocross MXGP 2021 di Borobudur, Jawa Tengah dan di Jembrana, Bali, hingga MotoGP World Championship 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika. Terbaru, Indonesia juga akan menyelenggarakan MiniGP Indonesia Series sebagai bagian dari keikutsertaan dalam FIM Mini GP World Series 2022.

"Dukungan dari daerah sangat diperlukan agar Indonesia bisa semakin dipercaya internasional menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan bergengsi dunia. Semakin banyak daerah yang memiliki sirkuit, semakin baik bagi perkembangan industri balap Tanah Air," pungkas Bamsoet.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid (ketiga dari kiri), Wakil Ketua Umum Agung Sudjatmiko (paling kiri), Plt Sekjen Dekopin Moh. Sukri (kedua dari kiri) mendampingi Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi Ahmad Zabadi (keempat dari kiri) dan Deputi IV Kementerian Koordinator Perekonomian RI Rudy Salahuddin (kedua dari kanan) saat membuka secara resmi Rapimnas Dekopin tahun 2022 di Jakarta, Jumat (25/11/2022). Foto: Dokumen PIP Dekopin. 

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:51 WIB

Kementerian Koperasi Minta Nurdin Halid Kawal Agenda-Agenda Strategis Gerakan Koperasi

Jakarta – Pemerintah meminta Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Nurdin Halid untuk mengawal agenda-agenda strategis Gerakan Koperasi Indonesia, khususnya RUU Perkoperasian dan RUU Pengembangan…

Ketua PWI Pusat Atal S Depari dan Ketua HPN 2023, H Mirza Zulhadi

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:20 WIB

Ketua PWI Pusat Hadiri Rapat Jelang HPN di Medan

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 mendatang, Kota Medan, Sumatera Utara telah ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggara oleh Panitia Pusat HPN 2023. Ketua HPN 2023, H Mirza Zulhadi…

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:02 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Tinjau Latihan Puncak Ancab YTP 611/Awl

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman mengungkapkan rasa bangganya saat memberikan pengarahan usai meninjau langsung latihan puncak Antar Kecabangan Batalyon…

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Selasa, 06 Desember 2022 - 05:00 WIB

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Keceriaan dan senyum anak-anak Pegunungan Tengah terpancar bersama personel Satgas Yonif Mekanis 203/AK dalam kegiatan lomba mewarnai di Desa Lowanom, Distrik Malagayneri, Kabupaten Lanny Jaya,…

Prajurit Korem 174 ATW Terima Penyuluhan Hukum

Selasa, 06 Desember 2022 - 04:30 WIB

Prajurit Korem 174 ATW Terima Penyuluhan Hukum

Personel Korem 174/ATWyang dipimpin oleh Kasrem 174/ATW Kolonel Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia menerima penyuluhan hukum dari Tim Penyuluh Hukum Kumdam XVII/Cenderawasih TA. 2022 oleh Kakumdam…