SCG Indonesia Luncurkan SCG Mortar dan SCG Beton Instan sebagai Solusi

Oleh : Herry Barus | Minggu, 29 Agustus 2021 - 16:30 WIB

Siam Cement Group (SCG)
Siam Cement Group (SCG)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – SCG, perusahaan terkemuka di ASEAN, melalui salah satu unit bisnisnya di Indonesia yang merupakan produsen semen dan bahan bangunan, SCG - CBM (Cement-Building  Materials), resmi meluncurkan dua produknya ke publik, yaitu SCG Mortar dan SCG Beton Instan. Kedua produk tersebut merupakan bahan bangunan inovatif dengan karakteristik siap pakai, yang disuguhkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Adapun, SCG Mortar adalah produk terbaru di portofolio produk CBM, sementara SCG Beton Instan merupakan rebranding product dari versi sebelumnya yang bernama Beton Instan Jayamix, masih di lini produk yang sama.

Sebagai pelaku industri yang sudah puluhan tahun melayani konsumen di tanah air, SCG Indonesia melihat saat ini tren konstruksi semakin berkembang, mulai dari perilaku dan selera konsumen hingga metode konstruksi bangunan yang diterapkan. Konsumen pun semakin kritis dalam mengambil keputusan terkait properti, termasuk ekspektasi terhadap kualitas bahan bangunan yang digunakan. Sementara, metode konstruksi yang meliputi biaya, kualitas, dan waktu juga bertransformasi ke arah yang lebih cepat, efektif dan efisien, serta berkelanjutan.

Karenanya, SCG menciptakan bahan bangunan inovatif seperti SCG Mortar dan SCG Beton Instan untuk merespon tuntutan tersebut. Kedua produk ini menawarkan tiga nilai tambah, yaitu: 1) Kenyamanan, produk mudah dipakai, dikelola, atau disimpan; 2) Inklusivitas, memungkinkan semua orang termasuk mereka yang awam dengan material bangunan untuk swadaya menggunakan produk ini; 3) Aksesibilitas ketersediaan produk yang menjangkau area dengan permintaan tinggi seperti kota besar, baik untuk proyek residensial maupun komersial.

Sales and Marketing Director SCG CBM Indonesia - Thichet Srisuriyon mengungkapkan alasan dan tujuan perusahaan di balik peluncuran ini. “Kami percaya inovasi adalah kunci menjawab kebutuhan pasar yang terus berkembang. Terobosan segar ini merupakan langkah proaktif kami dalam membantu masyarakat beradaptasi dengan perkembangan zaman.”

“Di sisi lain, ini juga komitmen kami untuk memperkuat posisi sebagai one-stop solution, penyedia bahan baku bangunan yang terintegrasi. Secara satu pintu, pelanggan bisa memenuhi kebutuhan beragam bahan baku bangunan dengan ragam spesifikasi dari kami.” tambah Thichet.

Mengenai produk, SCG Mortar hadir dalam dua jenis sesuai kegunaan untuk melengkapi lini produk SCG CBM lainnya, yakni bata ringan SCG Smartblock. Yang pertama, SCG Mortar “Perekat Bata Ringan” untuk pemasangan dinding bata ringan, dan kedua, SCG Mortar “Pasangan Bata dan Plesteran” untuk pemasangan bata dan plesteran dinding. Keduanya dibuat dari formula unggulan, terdiri dari semen portland, pasir silika, dan material pengisi dan aditif. Formula tersebut menekan risiko penyusutan sehingga meminimalisir retak rambut pada dinding yang berdampak pada ketahanan bangunan. Karenanya, produk ini memiliki daya rekat dan elastisitas tinggi sehingga mampu memberikan hasil yang lebih rapi dan kuat.

 

Selanjutnya, SCG Beton Instan juga terbuat dari bahan baku berkualitas tinggi, yaitu semen portland, pasir, split, dan aditif. Formula ini menghasilkan mutu yang konsisten, dan mendukung hasil bangunan yang kokoh. Seluruh material yang dibutuhkan tersedia dalam satu kemasan, memudahkan proses pengolahan hingga siap digunakan. Produk ini esensial digunakan untuk renovasi dan konstruksi berbagai struktur bangunan seperti pondasi rumah dan lantai atas pada gedung.

Marketing and Branding Manager SCG CBM Indonesia - Sandy Fitransah turut menyampaikan, “Daya tarik produk ini memang terletak dari kepraktisan penggunaannya. Konsumen dapat merasakan kemudahan mencampur air dengan semen sesuai takaran yang direkomendasikan. Produk kami menawarkan prinsip value for money, kemudahan tersebut tidak akan mengurangi kualitas daya tahan material, sehingga tidak kalah dengan bahan baku konvensional.”

“Selain itu, sesuai spirit SCG dalam mengupayakan pembangunan berkelanjutan, kedua produk tersebut didesain untuk meminimalisir limbah bangunan atau sisa pemakaian bahan. Volume penggunaan lebih efisien. Hal ini diharapkan dapat berdampak positif bagi lingkungan.” tambah Sandy.

Dalam kesempatan yang sama, Arsitek dari Studio ArsitektropiS, Ren Katili menyatakan, “Saat ini referensi masyarakat dalam memiliki hunian idaman dengan desain yang menarik di Indonesia, semakin luas. Sehingga tantangan penggunaan material bangunan yang berkualitas untuk menunjang kreatifitas desain bangunan yang estetik juga semakin meningkat, baik interior maupun eksterior.” ujar Ren.

Ren menambahkan, “Bahan mendasar seperti semen dan blok beton memainkan peran besar dalam konstruksi. Material seperti bata ringan dan beton instan menjadi salah satu opsi terbaik untuk mewujudkan kebutuhan tersebut.”

Di tengah situasi pandemi, SCG meyakini saat ini adalah waktu yang tepat menghadirkan inovasi ini ke pasar. Kebutuhan proyek konstruksi terus tumbuh mulai dari proyek infrastruktur nasional sampai pembangunan industri. Sementara dari tataran mikro, kebutuhan masyarakat untuk memiliki hunian cenderung stabil bahkan berpotensi meningkat seiring berbagai stimulus pembelian rumah yang diberikan pemerintah.

SCG Indonesia optimistis bahwa kedepannya, minat serta tingkat literasi masyarakat terhadap bahan bangunan inovatif akan semakin meningkat. Peluncuran produk ini diharapkan dapat menuai penerimaan yang baik di masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…