Bersama Bank Muamalat, Kalbis Institute Edukasi Bank Syariah

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 28 Agustus 2021 - 12:28 WIB

Gedung Bank Muamalat Kantor Pusat
Gedung Bank Muamalat Kantor Pusat

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Sebagai bagian dukungan dalam penguatan serta mendukung pemulihan ekonomi khususnya pasca pandemic covid-19 Kalbis Institute bersama dengan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menggelar webinar dengan tajuk “Literasi Bank Syariah di Indonesia”.

Sebagaimana diketahuhi selama ini literasi tentang bank syariah dapat dikatakan masih rendah. Bahkan masih banyak penduduk Indonesia yang belum memiliki pemahaman yang baik terkait bagaimana praktik di bank syariah. Atas dasar tersebutlah Kalbis Institute sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi berkualitas di Indonesia, sepakat untuk bisa turut serta dalam memberikan edukasi kepada seluruh mahasiswa di Kalbis Institute.

Pada kegiatan ini hadir sebagai pembicara adalah Purnomo B. Soetadi, selaku Direktur Bisnis Ritel PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. dan Dr. Hendy Tannady, selaku Dekan Fakultas Bisnis dan Komunikasi Kalbis Institute.

Dalam pemaparannya Purnomo mengatakan bahwa industri perbankan syariah sangat prosepektif terutama sejak tren halal lifestyle semakin berkembang di Indonesia. Meskipun demikian, literasi keuangan syariah di Indonesia terbilang masih rendah dibandingkan negara-negara lain, salah satunya karena kurangnya customer experience.

“Literasi syariah yang saat ini kami lakukan ialah kami menawarkan solusi untuk para nasabah dengan mengedepankan customer experience dan bentuk pola komunikasi yang lebih baru yang mengedepankan unique selling point,“ ujarnya.

Selama ini masih banyak masyarakat yang memberi anggapan bahwa bank syariah hanya diperuntukan untuk umat beragama islam dan kalangan orang tua saja, padahal kenyataannya bank syariah diperuntukan bagi masyarakat umum tanpa memandang agama, dan juga dapat dimanfaatkan oleh anak muda khususnya dalam pengelolaan uang.

“Saya sangat mengapresiasi webinar yang mengangkat topik Literasi Bank Syariah di Indonesia. Seminar ini terwujud atas inisiasi dan dukungan dari Unit Career & Alumni Center, Kalbis Institute. Seminar tidak hanya memberikan kontribusi positif mengenai edukasi tentang kiprah Perbankan Syariah di Indonesia, namun secara strategis juga merupakan implementasi kerjasama antara dunia akademik dan industri yang dalam hal ini Kalbis Institute bermitra dengan Bank Muamalat,” ujar Hendy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:05 WIB

Rasio Kepemilikan Mobil di RI Masih Rendah, Menperin Agus: Ini Potensi Luar Biasa

Japan Autoparts Business Forum yang digelar di Nagoya, Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia masih…