Turki Masuk ke Dalam Daftar Perjalanan Wisatawan Berisiko Covid-19 Level 4

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 19 Agustus 2021 - 15:00 WIB

Masjid Biru, di Istanbul, Turki (Foto:Tim O'Brien/Flickr)
Masjid Biru, di Istanbul, Turki (Foto:Tim O'Brien/Flickr)

INDUSTRY.co.id - Turki dan Montenegro sekarang masuk ke dalam daftar tujuan berisiko tinggi bagi wisatawan, daftar tersebut diumumkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat. 

Menurut panduan CDC, wisatawan yang ingin melakukan perjalanan harus menghindari lokasi yang masuk ke dalam daftar Level 4: Covid-19 sangat tinggi. Jadi, siapa pun yang harus bepergian harus sepenuhnya divaksinasi Covid-19 terlebih dahulu.

Empat tujuan yang ditambahkan ke daftar Level 4 pada 16 Agustus adalah:
• Dominika
• Jersey
• Montenegro
• Turki

CDC mengeluarkan empat kategori risiko penularan Covid-19 dari level 1 (rendah) hingga level 4 (sangat tinggi). Tujuan yang termasuk dalam kategori Level 4 Covid-19 sangat tinggi telah memiliki lebih dari 500 kasus per 100 ribu penduduk dalam 28 hari terakhir. Sementara, kategori Level 3 berlaku untuk tujuan yang memiliki antara 100 dan 500 kasus per 100 ribu penduduk dalam 28 hari terakhir.

"Turki dan Montenegro sebelumnya berada di peringkat "Level 3: Covid-19 tinggi," kata CDC.

Sebelumnya, Pulau Dominika di Karibia terdaftar sebelum pembaruan sebagai tujuan berisiko rendah, alias masuk ke dalam Level 1.  Sementara, di Pulau Jersey tingkat Covid-19 sebelumnya terdaftar sebagai "tidak diketahui" oleh CDC. Namun, pada 16 Agustus, situs pemerintah Pulau Jersey mencatat tingkat 14 hari 452 kasus per 100 ribu penduduk, dengan kasus-kasus menunjukkan penurunan dalam beberapa pekan terakhir. 

Lebih lanjut, CDC juga memperbaharui kategori tujuan level 3. Terdapat lima tujuan destinasi yang kini masuk ke dalam daftar level 3, yaitu Chili, Mozambik, Kosovo, dan Makedonia Utara.

Panduan CDC untuk tujuan Level 3 diharuskan wisatawan yang tidak divaksinasi untuk menghindari perjalanan yang tidak penting ke lokasi tersebut. Dalam panduan perjalanan yang lebih luas, CDC merekomendasikan untuk tidak melakukan semua perjalanan internasional sampai sepenuhnya divaksinasi.

"Wisatawan yang divaksinasi sepenuhnya cenderung tidak mendapatkan dan menyebarkan Covid-19. Namun, perjalanan internasional menimbulkan risiko tambahan, dan bahkan wisatawan yang sepenuhnya divaksinasi mungkin berisiko tinggi untuk mendapatkan dan mungkin menyebarkan beberapa varian Covid-19," jelas CDC.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”