BSI Gandeng Western Union untuk Kirim Uang Antar Negara

Oleh : Wiyanto | Kamis, 12 Agustus 2021 - 07:49 WIB

Dolar AS (Foto Dok Industry.co.id)
Dolar AS (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id-Jakarta – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggandeng Western Union untuk memperkuat bisnis remitansi.

Kolaborasi ini merupakan komitmen BSI untuk memperluas pelayanan remitansi kepada masyarakat Indonesia dalam pengiriman dan penerimaan serta pencairan uang tunai yang mencakup lebih dari 190 negara.

 

Direktur Retail Banking BSI, Kokok Alun Akbar mengatakan sinergi dengan Western Union ini merupakan perpanjangan kerjasama yang telah terjalin sejak lama.

Lewat sinergi dengan Western Union, diharapkan dapat menambah keutamaan BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia. “Dengan kerjasama ini, akan memperluas cakupan layanan Bank Syariah Indonesia dari sebelum merger sekaligus meningkatkan inovasi remitansi dalam ekosistem digital,” tutur Kokok Alun.

 

Kokok Alun menambahkan, sebelumnya BSI hanya memiliki 600 lokasi cabang yang melayani remitansi Western Union. Saat ini, BSI akan memperluas layanan WU ke lebih dari 1.300 cabang di seluruh Indonesia. Dalam setahun, jumlah transaksi remitansi BSI mencapai 75 ribu transaksi.

Selain itu, BSI juga akan mengembangkan fitur remitansi di Mobile Banking dan Internet Banking sehingga dapat memudahkan nasabah dalam melakukan pengiriman atau pencairan Western Union tanpa harus datang ke cabang.

 

BSI melakukan inovasi dalam pelayanan remitansi dengan mengembangkan skema bisnis kemitraan Tempat Penguangan Tunai (TPT) sebagai perluasan jaringan remitansi yang dijalankan di luar kantor cabang.

Saat ini BSI telah memiliki lebih dari 3.000 jaringan Laku Pandai yang dapat melayani penerimaan dan pencairan dana remitansi dalam waktu dekat.

 

“Kami senang dapat memperluas hubungan dengan BSI dan menawarkan layanan pengiriman uang lintas negara di lebih banyak lokasi di seluruh Indonesia,” ungkap Head of Network, Singapore, Indonesia and North Asia, Western Union, K.Premmananth.

“Inti dari apa yang kami lakukan di Western Union adalah menghubungkan orang, memungkinkan mereka untuk memindahkan uang dari dan ke seluruh dunia. Bersama BSI, kami tetap berkomitmen untuk mempertahankan layanan yang tersebar luas dan bekerja sama untuk menjangkau lebih banyak pelanggan secara bersama-sama,” K. Premmananth menambahkan.

 

Menurut informasi beberapa nasabah yang diwawancarai, layanan Western Union di BSI memiliki keunikan tersendiri diantaranya pelayanan petugas bank yang sangat ramah, seluruh nasabah Western Union dilayani meskipun belum memiliki rekening BSI, pembebasan bea meterai, dan tidak ada pengenaan biaya administrasi. Selain itu BSI juga sering mengadakan program promosi berhadiah langsung bagi nasabah yang mengirim atau mencairkan Western Union di Cabang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…

Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:11 WIB

Fasilitasi Bisnis Industri Petrokimia, Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Pembiayaan yang diberikan oleh Bank OCBC NISP adalah bagian dari komitmen Bank untuk mendukung Chandra Asri agar dapat secara berkesinambungan mengembangkan bisnisnya.