Besarkan Bisnis dengan Personal Branding, Begini Tipsnya

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 05 Agustus 2021 - 18:15 WIB

Ilustrasi Bisnis Online (Ist)
Ilustrasi Bisnis Online (Ist)

INDUSTRY.co.id - Literasi digital merupakan kemampuan individu untuk mengakses, memahami, membuat, mengkomunikasikan, dan memgevaluasi informasi melalui teknologo digital. Dengan kata lain dari pengertian tersebut maka setiap orang harus bisa memanfaatkan teknologi dan kemampuan individu secara positif. 

Penggunaan internet telah berkembang sangat cepat. Mengutip dari We Are Social dan Hootsuit sebuah sosial media untuk menejemen platform dari 274,9 juta jiwa penduduk, pemilik koneksi mobile Indonesia sudah melebihi jumlah penduduknya 345,3 juta. Sementara pengguna internet aktifnya saat ini 202,6 juta dan sebanyak 170 juta memakai media sosial. 

Membangun personal branding di era digital sangat penting, apalagi saat ini human resources melakukan screening digital saat akan mencari pekerja. Berbagai platform digital seperti Facebook, Instagram, YouTube, Linkedin bisa digunakan untuk personal branding. 

"Tips personal branding, hindari SARA dan isu politik, ujaran kebencian, hoaks, dan bagaimana memanfaatkan sosial media dengan positif. Hal ini harus hati-hati karena jejak digital bisa menjadi pertimbangan HRD untuk merekrut," kata Vincent S. Leewellyn, Chief Operating The Coffee Academics Indonesia saat menjadi nara sumber di webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Terutama Linkedin, bukan hanya untuk personal branding tapi juga mencari peluang pekerjaan. Bila dulu untuk mencari pekerjaan orang hanya menerima lowongan pekerjaan melalui email dari jobstreet dan bentuk sejenis untuk situs pencarian kerja, maka Linkedin bisa dibangun untuk branding sekaligus mencari kesempatan baru dan berteman dengan profesional lainnya. 

Selain Linkedin, personal branding dari platform lainnya juga bisa dilakukan misalnya lewat Instagram yang kini bisa dimaksimalkan dan digunakan para content creator, influencer, blogger. Beberapa dari mereka fokus pada bidang tertentu misalnya food & beverage, beauty, yang secara konsisten melakukan branding dengan membuat konten yang konsisten. 

"Jika temen-temen punya usaha, ada lokasi tokonya jangan lupa untuk memanfaatkan Google Bisnis. Bisa daftarkan terlebih dahulu supaya kalau ada customer yang ingin cari jadi gampang. Gunakan platform juga seperti Gojek dan Grab untuk pengiriman, dan kalau produk bisa dikirim ke luar kota bisa didiatribusikan melalui platform marketplace," tukasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan  bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber lainnya seperti Shandy Susanto Dosen di Podomoro University, Loka Hendra, Head of Food & Beverage Cinepolis Indonesia, dan Sophie Beatrix, Psikolog Praktisi dalam bidang Pendidikan & Industri. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…