Ya Ampun Miris! Tak Sanggup Bertahan Akibat PPKM, Tsunami PHK Industri TPT di Depan Mata

Oleh : Ridwan | Rabu, 04 Agustus 2021 - 15:47 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) tak sanggup bertahan ditengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di Jawa dan Bali yang terus diperpanjang.

Bahkan, industri padat karya ini telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak 30 persen selama periode PPKM diberlakukan.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Rizal Tanzil Rahman mengatakan berdasarkan laporan anggotanya sebagian besar telah melakukan PHK sebanyak 20 hingga 30 persen selama masa PPKM.

Meski begitu, tambah Rizal, jumlah tersebut masih dapat bertambah lantaran banyak yang belum melaporkan kondisi perusahaannya, belum lagi industri di luar anggota API.

"Kalau secara keseluruhan saya belum menghitung tapi kemarin beberapa anggota sudah melaporkan telah melakukan pengurangan karyawannya. Secara persentase rata-rata 20 hingga 30 persen," katanya kepada wartawan, Rabu (4/8/2021).

Lebih lanjut, Rizal menjelaskan, terjadinya PHK di industri tekstil tak dapat terhindarkan. Sebab, karakter industri ini sangat sensitif dengan pembatasan-pembatasan aktivitas. Terlebih lagi saat ini pasar domestik masih lesu akibat adanya PPKM selama lebih dari satu bulan.

Contohnya, kata Rizal, pasar tekstil di Tanah Abang yang ditutup pemerintah. Padahal, pasar itu menjadi salah satu tulang punggung penjualan produk tekstil di dalam negeri. Alhasil, kapasitas produksi di pabrik pun menurun tajam.

"Utilitas produksi industri ini di kisaran 50 persen termasuk dampak dari PPKM, bahkan ada yang di bawah itu," terang Rizal.

Sekadar informasi, industri TPT sangat terpukul dengan merebaknya pandemi COVID-19 di Tanah Air. Pada tahun 2020 di awal wabah menyebar industri ini melakukan PHK dan merumahkan karyawan sebanyak 2 juta orang.

Seiring berjalannya waktu dan dilonggarkannya kebijakan pembatasan, pada triwulan pertama tahun 2021 sebanyak 60 persen pekerja yang mendapatkan PHK kembali dipekerjakan. Adapun jumlahnya yang telah dipekerjakan mencapai 1,2 juta orang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Sabtu, 18 September 2021 - 19:33 WIB

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Yayasan Dharma Pertiwi mengadakan acara peresmian Daycare dan PAUD Holistik Integratif Yayasan Dharma Bhakti Dharma Pertiwi yang berlokasi di lingkungan Mabes TNI, Jumat (17/9/2021).

Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)

Sabtu, 18 September 2021 - 18:25 WIB

Bangun Kualitas Diri dengan Jejak Digital Positif dan Terapkan Etika

Transformasi digital mengalami percepatan, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi bagaimana masyarakat berinteraksi di dunia digital. Mulai dari mencari informasi, bekerja,…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Sabtu, 18 September 2021 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Harap Dunia Usaha di Bali Bisa Segera Bangkit

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap perekonomian di Bali bisa kembali bergerak seiring penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 ke level 3 di Pulau Bali.…

Ilustrasi Pelecehan Seksual Secara Online (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:55 WIB

Jangan Takut Melapor! Pentingnya Kenali 5 Bentuk Pelecehan Seksual di Ruang DigitalĀ 

Interaksi sosial masyarakat yang beralih ke ruang digital berkat adanya internet, membuat tindak kekerasan seksual pun berpindah ke ranah online.

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:10 WIB

Peran Orangtua Memberi Ajaran Agar Anak Aman Berinternet

Internet dan media sosial seperti mata pisau, di satu sisi memiliki manfaat positif namun sisi lainnya ada dampak negatif yang bisa melukai penggunanya. Terlebih untuk anak-anak, peran orangtua…